SINDIKAT PENULIS
Silakan login dahulu, biar lebih asyik.
Kalau belum bisa login, silakan daftar dahulu.
Setelah itu, selamat bersenang-senang...


Kami adalah penulis, dan kami tidak butuh persetujuan dari siapa pun!
 
IndeksCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin
"Jika ada buku yang benar-benar ingin kamu baca, tapi buku tersebut belum ditulis, maka kamu yang harus menuliskannya." ~ Toni Morrison

Share | 
 

 ide cerpen non mainstream

Go down 
PengirimMessage
dinda putri
Pendatang Baru
Pendatang Baru
avatar

Jumlah posting : 9
Points : 17
Reputation : 0
Join date : 26.09.13
Age : 23
Lokasi : magelang

PostSubyek: ide cerpen non mainstream   Sat 28 Sep 2013 - 12:46

aku udah lama cari ide cerita yang ga mainstream nih,
tapi paling2 cuma sampe tengah cerita, kalo ga nanti bingung bikin endingnya...

ada yang punya saran? hope 
Kembali Ke Atas Go down
wilfran
Penulis Pemula
Penulis Pemula
avatar

Jumlah posting : 56
Points : 76
Reputation : 0
Join date : 02.10.12
Age : 28
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: ide cerpen non mainstream   Fri 4 Oct 2013 - 22:54

saya coba bantu ya..
saya masih rada bingung nih sama pertanyaannya..hajar ngakak 
Dinda mau minta saran apa nih?
saran bikin ide cerita yang nggak mainstream?
atau saran bikin ending cerita?
Kembali Ke Atas Go down
dinda putri
Pendatang Baru
Pendatang Baru
avatar

Jumlah posting : 9
Points : 17
Reputation : 0
Join date : 26.09.13
Age : 23
Lokasi : magelang

PostSubyek: Re: ide cerpen non mainstream   Sun 6 Oct 2013 - 7:09

mau minta bantuan buat cari ide cerita yang ga mainstream...
Kembali Ke Atas Go down
wilfran
Penulis Pemula
Penulis Pemula
avatar

Jumlah posting : 56
Points : 76
Reputation : 0
Join date : 02.10.12
Age : 28
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: ide cerpen non mainstream   Wed 9 Oct 2013 - 0:09

Ada banyak cara. Salah satunya cari ide berdasarkan hal unik yang ada di dunia ini. Kalo nggak mainstream, berarti itu sesuatu yang lain daripada yang lain kan? Cara ini mungkin bisa dipakai.

Pertama-tama, ya itu tadi, cari hal unik yang mungkin menarik untuk diangkat menjadi sebuah cerita dan bisa menjadi pondasi dasar cerita. Itu bisa hal yang berat, misalnya tentang konspirasi, kiamat, perang, alien, dunia paralel, dll. Tapi menurut saya yang seperti itu terlalu berat dan butuh banyak sekali referensi. Selain itu, untuk penulis pemula, tidak mudah untuk dapat mengangkat hal-hal tersebut menjadi sebuah cerita. Jadi kita coba dari yang gampang aja dulu. Kita mulai dari hal-hal yang sederhana, misalnya kembar, fobia, mimpi, reinkarnasi, kelainan, dll. Intinya, cari hal yang unik, yang nggak biasa, yang nggak mainstream, lalu jadikan sebagai titik awal pengembangan cerita. Sekadar tips, kita bahkan bisa mencari hal-hal seperti itu di media-media seperti buku-buku anak-anak yang membahas hal-hal unik (banyak di toko buku, seperti di Gramedia). Kita juga bisa cari di internet dengan googling “aneh” atau “unik” atau semacamnya. Bahkan kita bisa dapat hal-hal tersebut dari tayangan TV, misalnya dari acara semacam On The Spot. Dari hal-hal tersebut, kita bisa mengembangkannya menjadi cerita yang panjang.


Saya beri contoh untuk hal-hal yang di atas telah saya contohkan.

Kembar

Dari 1 kata ini saja kita bisa membuat banyak sekali pengembangan cerita. Bahkan kata kembar sendiri masih tergolong umum. Kita bisa mengembangkannya ke arah-arah yang tidak mainstream, misalnya kembar beda ras. Ini adalah hal yang tidak mainstream, tetapi tidak mustahil untuk terjadi di dunia nyata. Sejujurnya saya bahkan mendapat ide untuk menulis ini dari On The Spot (jadi, seperti yang sudah saya tulis di atas, media-media seperti ini bisa sangat membantu).

Kalau memang mau bikin cerita yang nggak mainstream, kita kembangkan aja ide dasar ini seaneh mungkin. Misalnya, kembar beda jenis kelamin dan beda ras. Sekalian, bikin keanehan yang nggak tanggung-tanggung. Misalnya, orang tua dari si kembar tersebut, yang satu imigran negro dari Afrika, yang satu lagi orang Tionghoa. Hasilnya, anak mereka, yang cowok negro asli, hitam pekat, bibir tebal, rambut reggae, badan tinggi besar, tampang penjahat, dan, maaf, jelek bukan main. Yang cewek, cina asli, putih bening, super cantik, rambut indah, body sempurna, pokoknya gambaran cewek-cewek Korea lah. Dan, ya, mereka kembar. Kita kayak lagi melihat Bacary Sagna kembaran sama Yoona SNSD. Nggak masalah toh? Namanya juga cerita fiksi. Kita bisa buat sebebas-bebasnya, selama masih masuk akal (bahkan kalau misalnya nggak masuk akal pun nggak masalah). Pengembangan ceritanya bisa sangat variatif. Misalnya cowok brengsek preman jalanan yang kembaran sama cewek idola, cowok culun menyedihkan yang kembaran sama cewek idola, atau bisa juga cowok jelek tapi baik hati yang selama ini selalu dikasihani dan akhirnya ia membuka mata semua orang yang memberi belas kasihan kepadanya dengan membeberkan bahwa cewek idola semua orang ternyata kembarannya. Masih banyak lagi kemungkinan-kemungkinan pengembangan cerita lainnya.

Itu baru berangkat dari 1 ide, kembar beda ras. Dari kata kembar kita masih bisa mengembangkan banyak ide non mainstream lainnya (yang keanehannya nggak tanggung-tanggung). Misalnya, kembar lima atau lebih, kembar beda usia bertahun-tahun, kembar siam, kembar sama persis tapi sifat beda jauh, dll.

Dan semua itu hanya berangkat dari 1 kata, kembar. Kita masih punya contoh lainnya. Misalnya untuk fobia, kita bisa kembangkan ke mana pun yang sekiranya bisa menjadi cerita yang unik (sekali lagi, buat yang aneh nggak tanggung-tanggung). Kita bisa buat cerita dengan ide dasar cowok keren penderita caligynephobia (fobia cewek cantik), fobia cibophobia (fobia pada makanan) yang hidup menderita karena tak bisa makan, fobia somniphobia (fobia untuk tidur) yang hidupnya menderita karena tak bisa tidur, dll. Untuk mimpi, kita bisa buat mimpi yang menjadi kenyataan, mimpi yang menjadi penghubung ke kehidupan yang lain, mimpi yang merenggut kehidupan sehingga orang yang bermimpi tersebut terperangkap dalam mimpinya, dll. untuk reinkarnasi, kita bisa buat orang yang mengalami kehidupan kedua dan kali ini terlahir kembali sebagai anak dari anak kandungnya sendiri di kehidupan sebelumnya, orang-orang penting dalam sejarah yang terlahir kembali sebagai orang biasa, orang yang putus asa dan selalu bunuh diri namun selalu terlahir kembali sehingga ia tidak pernah bisa lari dari kehidupan, dll. Untuk kelaianan, ada banyak sekali. Misalnya kita buat lebih spesifik lagi, kelainan seks. Kita bisa buat masochist yang menderita batinnya karena setiap kali mencintai orang lain mau tidak mau ia selalu harus menyakiti orang tersebut, pedofil yang mencintai anaknya sendiri, preman paling ditakuti dan dihormati yang menderita batin karena mendapati bahwa dirinya ternyata adalah seorang gay, dll. Itu hanya berangkat dari kelainan seks. Masih sangat banyak kelainan lain di dunia ini. Lebih jauh lagi, masih banyak hal unik lain di dunia ini selain kembar, fobia, mimpi, reinkarnasi, dan kelainan.


Dan, itu semua berangkat hanya dari 1 pembahasan, hal unik. 2 kata ini langsung menjadi kata kunci untuk mencari ide yang tidak mainstream. Tentu saja, untuk membuat cerita yang tidak mainstream, kita boleh keluar dari 2 kata ini. Kita bisa membuat cerita yang tidak mainstream berdasarkan hal-hal yang umum. Pada akhirnya kita bisa membuat banyak sekali ide cerita. Namun, tetap yang terpenting adalah membuat cerita yang bagus berdasarkan ide-ide tersebut. Ide-ide tersebut hanya penunjang; hanya pondasi awal cerita.

Sori, kepanjangan lol!  lol!  lol!
Kembali Ke Atas Go down
dinda putri
Pendatang Baru
Pendatang Baru
avatar

Jumlah posting : 9
Points : 17
Reputation : 0
Join date : 26.09.13
Age : 23
Lokasi : magelang

PostSubyek: Re: ide cerpen non mainstream   Sat 12 Oct 2013 - 16:58

wah, thanks banget ya atas sarannya. membantu banget buat aku yang masih belajar buat nulis ini. Nah itu dia yang bikin aku sering bingung. Kadang-kadang udah kepikiran satu tema yang cukup unik, tapi waktu aku mulai kembangin, tiba-tiba sampai tengah langsung stuck. Ga ada ide sama sekali. Kayak dulu pernah aku coba nulis pake tema dunia pararel. Alhamdulillah bisa selesai. Nah, habis itu aku punya rencana buat lanjutin itu cerita. Bikin part 2 nya gitu. Tapi dah hampir dua bulan aku cari-cari sumber baru buat lanjutan cerita itu, tetap aja selalu hilang pas sampe tengah jalan. aku udah coba hubung-hubungi konflik yang terjadi sebelumnya biar bisa ditarik jadi konflik baru di cerita lanjutannya, tapi rasanya aneh banget. Kelihatan maksa gitu.
menurutmu gimana?
Kembali Ke Atas Go down
wilfran
Penulis Pemula
Penulis Pemula
avatar

Jumlah posting : 56
Points : 76
Reputation : 0
Join date : 02.10.12
Age : 28
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: ide cerpen non mainstream   Mon 14 Oct 2013 - 15:11

hmm, sulit untuk memberi tanggapan kalau ceritanya sendiri saya belum baca. itu novel atau cerpen? kalau cerpen, share aja di sini.

setidaknya saya bisa kasih beberapa saran. pertama-tama, sangat penting untuk langsung menentukan plot yang akan ditulis sebelum memulai cerita. seharusnya kamu udah mempunyai gambaran/ringkasan yang jelas mengenai ceritamu (dimulai dari opening, pertengahan, hingga ending) sehingga kamu nggak perlu mengalami masalah stuck tersebut. dengan begitu kamu nggak akan bingung di tengah jalan.

memang banyak penulis yang memulai tulisan mereka tanpa tau ke mana cerita itu akan dikembangkan. tapi mereka biasanya udah cukup jago sehingga mereka nggak khawatir akan mengalami kemandekan. tapi untuk pemula seperti kita, ada baiknya sebelum memulai, kita susun dulu draft yang jelas sampai cerita kita fix di otak kita dan tinggal kita tuangkan ke dalam tulisan.

tapi kalo udah terlanjur nulis tanpa persiapan draft yang udah fix (seperti yang kamu alami), saran saya, kamu kaji lagi cerita kamu. apakah rencana kamu untuk membuat part 2 nya hanya sebatas keinginan pribadi, atau memang murni karena cerita part 1 belum selesai sehingga perlu dilanjutkan. menurut saya, kalo cerita part 1 nya udah cukup bagus dan nggak ada tuntutan untuk melanjutkannya ke part 2, ya udah, ditamatkan di situ aja. terkadang, memaksa untuk melanjutkan cerita yang udah bagus bisa berakibat jelek loh. kan banyak contohnya. misalnya film the godfather. siapa yang suka sama the godfather 3? padahal the godfather 1 dan the godfather 2 berakhir sebagai masterpiece. seharusnya sekalian aja the godfather 3 nggak usah dibuat sejak dari awal. masih banyak lagi yang jauh lebih parah, misalnya film speed.

jadi, saran saya, kalo ceritanya udah cukup bagus dan nggak ada tuntutan untuk melanjutkannya, ya nggak usah dilanjutin. saran saya lagi, ke depannya nanti, sebelum nulis cerita, disusun dulu draftnya, mulai dari awal sampe tamat, sehingga ceritanya nggak mandek di tengah-tengah.
nyengir nyengir nyengir
Kembali Ke Atas Go down
dinda putri
Pendatang Baru
Pendatang Baru
avatar

Jumlah posting : 9
Points : 17
Reputation : 0
Join date : 26.09.13
Age : 23
Lokasi : magelang

PostSubyek: Re: ide cerpen non mainstream   Mon 14 Oct 2013 - 16:16

Eum, gitu ya? thanks banget ya atas sarannya.
Oke deh, nanti aku coba kaji lagi ceritanya. Semoga dapet pencerahan.
Kembali Ke Atas Go down
tukangtidur
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 831
Points : 988
Reputation : 19
Join date : 30.04.10
Age : 36
Lokasi : Depok

PostSubyek: Re: ide cerpen non mainstream   Fri 18 Oct 2013 - 14:25

Usul dari Wilfran boleh juga tuh. Tapi, ada baiknya kamu baca karya-karya nonmainstream itu seperti apa. Biar ada panduan juga. Smile
Kembali Ke Atas Go down
http://zonakosong.tk
Sponsored content




PostSubyek: Re: ide cerpen non mainstream   

Kembali Ke Atas Go down
 
ide cerpen non mainstream
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» NELLY = NINJA ANTI MAINSTREAM
» Pengen bagi2 cerita ttg safety riding
» SHARING PENGALAMAN - MODIFIKASI MOTOR !!!!!!
» GENG "[b]MOTOR[/b]" YANG ANARKIS ??
» Cerita Plester (plesetan Misteri) "Ninja Menangis di Tengah Malam"

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SINDIKAT PENULIS :: Bengkel Menulis :: Cari Ide Tulisan-
Navigasi: