SINDIKAT PENULIS
Silakan login dahulu, biar lebih asyik.
Kalau belum bisa login, silakan daftar dahulu.
Setelah itu, selamat bersenang-senang...


Kami adalah penulis, dan kami tidak butuh persetujuan dari siapa pun!
 
IndeksCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin
"Jika ada buku yang benar-benar ingin kamu baca, tapi buku tersebut belum ditulis, maka kamu yang harus menuliskannya." ~ Toni Morrison

Share | 
 

 [Sharing] Membuat Artikel Berita

Go down 
PengirimMessage
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: [Sharing] Membuat Artikel Berita   Sun 21 Aug 2011 - 9:02

Bahasa Jurnalistik

Ciri utama bahasa jurnalistik di antaranya sederhana, singkat, padat, lugas, jelas, jernih, menarik, demokratis, mengutamakan kalimat aktif, sejauh mungkin menghindari penggunaan kata-kata atau istilah teknis, dan tunduk kepada kaidah serta etika bahasa baku.

1. Sederhana
Sederhana berarti selalu mengutamakan dan memilih kata atau kalimat yang paling banyak diketahui maknanya oleh khalayak pembaca umum yang sangat heterogen, baik dilihat dari tingkat intelektualitasnya maupun karakteristik demografis dan aspek psikografisnya seperti status sosial ekonomi, pekerjaan atau profesi, tempat tinggal, suku bangsa, dan budaya dan agama yang dianutnya. Kata-kata dan kalimat yang rumit, yang hanya dipahami maknanya oleh segelintir orang, tabu digunakan dalam bahasa jurnalistik.

2. Singkat
Singkat berarti langsung kepada pokok masalah, tidak bertele-tele, tidak berputar-putar, tidak memboroskan waktu untuk membacanya.

3. Padat
Menurut Patmono SK (dalam A.S.Haris Sumadiria, 2004), padat dalam bahasa Jurnalistik berarti sarat informasi. Setiap kalimat dan paragraf yang ditulis memuat banyak informasi penting dan menarik untuk pembaca.

4. Lugas
Lugas berarti tegas, tidak ambigu, sekaligus menghindari eufimisme atau penghalusan kata dan kalimat yang bisa membingungkan pembaca sehingga terjadi perbedaan persepsi dan kesalahan konklusi.

5. Jelas
Jelas berarti mudah ditangkap maksudnya, tidak baur dan tidak kabur.

6. Jernih
Jernih berarti transparan, jujur, tulus, tidak membunyikan sesuatu yang lain yang bersifat negatif seperti prasangka atau fitnah. Dalam pendekatan analisis wacana, kata dan kalimat yang jernih berarti kata dan kalimat yang tidak memiliki agenda tersembunyi di balik pemuatan suatu berita atau laporan kecuali fakta, kebenaran, kepentingan publik.

7. Menarik
Manarik artinya mampu membangkitkan minat dan perhatian pembaca. Bahasa jurnalistik tidak hanya berpegang pada kaidah bahasa yang benar dan baku tetapi juga harus menggunakan gaya bahasa yang menarik.

8. Demokratis
Salah satu ciri yang menonjol dalam bahasa jurnalistik adalah demokratis, dimana bahasa yang digunakan tidak mengenal tingkatan kasta, pangkat, atau perbedaan-perbedaan lainnya. Bahasa jurnalistik ditujukan pada semua golongan yang diperlakukan sejajar dan sederajat.

9. Mengutamakan kalimat aktif
Kalimat aktif lebih mudah dipahami dan lebih disukai daripada kalimat pasif. Selain itu, kalimat aktif mempunyai efek yang lebih menekan daripada kalimat pasif.

10. Menghindari kata atau istilah teknis
Karena ditujukan untuk umum, maka bahasa jurnalistik harus sederhana, mudah dipahami, dan ringan dibaca. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut ialah menghindari istilah-istilah teknis yang umumnya berlaku hanya untuk kelompok atau komunitas yang relatif homogen.
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 28
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: [Sharing] Membuat Artikel Berita   Wed 24 Aug 2011 - 6:04

yang jelas janga pake metafora.. hahahaha

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: [Sharing] Membuat Artikel Berita   Wed 24 Aug 2011 - 21:15

ilhammenulis wrote:
yang jelas janga pake metafora.. hahahaha

klo metafora di berita feature/berita khas sih sah2 aja kok... Smile
klo yg aku posting ini lebih tepatny kriteria berita langsung...
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 28
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: [Sharing] Membuat Artikel Berita   Thu 25 Aug 2011 - 7:09

ya kan masa artikel politik di koran tempo ada kata-kata bagai punguk merindukan rembulan? hahahaha...

btw, saya kurang bisa bikin artikel berita ginian, suka kurang objektif.. Malu

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
tukangtidur
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 831
Points : 988
Reputation : 19
Join date : 30.04.10
Age : 36
Lokasi : Depok

PostSubyek: Re: [Sharing] Membuat Artikel Berita   Thu 25 Aug 2011 - 8:50

Top Top Top
Thanx ya, mbak De Wind. Informasinya bermanfaat banget nih. Btw, kalau di kasih contoh kayaknya tambah asyik ya. Contoh yang sederhana itu kayak apa, yang singkat, padat, lugas, dan jernih itu kayak gimana. Mungkin jadi tambah cihuy Smile
Kembali Ke Atas Go down
http://zonakosong.tk
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 28
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: [Sharing] Membuat Artikel Berita   Thu 25 Aug 2011 - 10:08

tukangtidur wrote:

Thanx ya, mbak De Wind. Informasinya bermanfaat banget nih. Btw, kalau di kasih contoh kayaknya tambah asyik ya. Contoh yang sederhana itu kayak apa, yang singkat, padat, lugas, dan jernih itu kayak gimana. Mungkin jadi tambah cihuy Smile

setuju bang..

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: [Sharing] Membuat Artikel Berita   Fri 2 Sep 2011 - 4:14

ilhammenulis wrote:
ya kan masa artikel politik di koran tempo ada kata-kata bagai punguk merindukan rembulan? hahahaha...

btw, saya kurang bisa bikin artikel berita ginian, suka kurang objektif.. Malu




tergntung...kan ada juga berita politik yg dijadiin artikel berita feature...klo di korantempo biasanya ada di tengah2 koranny tuh yg pnjangny amit2...karakteristik berita feature emg ky gtu, bhs2 yg dramatis, bisa subjektif, yg mrangsang lebih ke perasaan pembacany deh... Wink

tukangtidur wrote:
Top Top Top
Thanx ya, mbak De Wind. Informasinya bermanfaat banget nih. Btw, kalau di kasih contoh kayaknya tambah asyik ya. Contoh yang sederhana itu kayak apa, yang singkat, padat, lugas, dan jernih itu kayak gimana. Mungkin jadi tambah cihuy Smile

iy jg ya...hehe ini coba kukasih contoh2ny, ku kutip dari salah satu berita langsung di kompas.com

contoh2ny :

1. Sederhana

Polisi mendatangi mansionnya yang berlokasi di Jakarta. ---> Polisi mendatangi kediamannya yang berlokasi di Jakarta

2. Singkat

KPK melakukan penyidikan atas Nazarudin terkait kasus korupsi wisma Atlet. ---> KPK menyidik Nazarudin terkait kasus korupsi Wisma Atlet.

3. Padat

Ketiganya diduga bertransaksi suap terkait program PPIDT yang bernilai miliaran rupiah. ---> Ketiganya diduga bertransaksi suap senilai Rp 1,5 miliar terkait program PPIDT yang anggarannya Rp 500 miliar.

4. Lugas

Terkait melonjaknya harga minyak Internasional, pemerintah telah mengadakan penyesuaian harga BBM. ---> Terkait melonjaknya harga minyak internasional, pemerintah telah menaikkan harga BBM

5. Jelas

Hakim menjatuhkan putusan yang setimpal dengan perbuatannya. ---> Hakim menjatuhkan putusan 5 tahun penjara.

6. Jernih

Penyelewengan dana oleh Sutiyoso telah merugikan banyak korban banjir. ---> Sutiyoso diduga menyelewengkan dana bantuan banjir.

7. Menarik

Surya Paloh berniat Tinggalkan Golkar ---> Surya Paloh Masih Mikir-Mikir Tinggalkan Golkar

8. Demokratis

Normalnya konsumsi premium dalam sehari hanya 62 ribu kiloliter per hari ---> Normalnya penggunaanpremium dalam sehari hanya 62 ribu kiloliter per hari

9. Mengutamakan kalimat aktif

Demonstran dipukul polisi ---> Polisi memukul demonstran


10. Menghindari kata atau istilah teknis

Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan screening kesehatan pada pendonor darah. --->
Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan tes kesehatan pada pendonor darah.


CMIIW, soalnya ini contoh2 yg kutemuin sendiri di berita2 yg ada di media2...mdh2n bisa lebih menjelaskan kriteria2 berita, yg lebih spesifikny, berita langsung
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 28
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: [Sharing] Membuat Artikel Berita   Fri 2 Sep 2011 - 8:50

asiikkkk keren nih bang.. *jadi belajar lagi Malu

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: [Sharing] Membuat Artikel Berita   Sat 17 Sep 2011 - 4:14

ilhammenulis wrote:
asiikkkk keren nih bang.. *jadi belajar lagi Malu

jadi kita nulisnya gak terbatas di karya2 fiksi n bisa nulis artikel jg.
jd bisa ngrim artikel dan gak cuma ngrim cerpen ke media2...
smua jenis penulisan dicoba dlu deh sblum nemuin yg cocok sm diri sndri.
tp klo aku sih emg cocok di karya fiksi... Muke Cape
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 28
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: [Sharing] Membuat Artikel Berita   Sat 17 Sep 2011 - 9:53

sama bang.. nulis fiksi enak. bebas. hihihi

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: [Sharing] Membuat Artikel Berita   Mon 19 Sep 2011 - 4:54

ilhammenulis wrote:
sama bang.. nulis fiksi enak. bebas. hihihi


iy gak prlu cross check sana-sini... lol!
Kembali Ke Atas Go down
leaner
Pendatang Baru
Pendatang Baru


Jumlah posting : 2
Points : 2
Reputation : 0
Join date : 08.02.12

PostSubyek: Re: [Sharing] Membuat Artikel Berita   Wed 8 Feb 2012 - 20:28

mantap....!!!nambah ilmu bnget... Top
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: [Sharing] Membuat Artikel Berita   Sun 12 Feb 2012 - 4:46

thx, gan...
ayooo sharing artikelny dsini...
aku jd udh lama nih gak bikin artikel soalny rada ngejlimet sih...mesti ngumpulin fakta dlu melet
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: [Sharing] Membuat Artikel Berita   

Kembali Ke Atas Go down
 
[Sharing] Membuat Artikel Berita
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Hal-Hal yang dapat membuat kaum lelaki menangis
» [IT] Request (Artikel, Software, Info) & Ask Your trouble Here !
» [Tutorial] Cara membuat forum forumotion
» Cara membuat pendataan&list list barang menjadi seperti di sini?
» (bagaimana) cara membuat peringatan di chatbox?

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SINDIKAT PENULIS :: Arena Diskusi :: Esai dan Artikel-
Navigasi: