SINDIKAT PENULIS
Silakan login dahulu, biar lebih asyik.
Kalau belum bisa login, silakan daftar dahulu.
Setelah itu, selamat bersenang-senang...


Kami adalah penulis, dan kami tidak butuh persetujuan dari siapa pun!
 
IndeksCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin
"Jika ada buku yang benar-benar ingin kamu baca, tapi buku tersebut belum ditulis, maka kamu yang harus menuliskannya." ~ Toni Morrison

Share | 
 

 bantu cari ide bagus buat bikin cerita

Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
khairani mukhlis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1250
Points : 1309
Reputation : 32
Join date : 13.10.11
Age : 24
Lokasi : padang

PostSubyek: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Mon 31 Oct 2011 - 21:08

saya mohon buat teman semua
yg mau bantu saya cari ide cerita yang bakal di bikin
soalnya, idenya byk yg galau
#curcol dikit

mohon bantuan nya, mbak, bg, kakak, adik, teman semuanya
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 28
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Mon 31 Oct 2011 - 21:40

mungkin lebih spesifik mbak.. genre.. jenis.. hehehe

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
khairani mukhlis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1250
Points : 1309
Reputation : 32
Join date : 13.10.11
Age : 24
Lokasi : padang

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Mon 31 Oct 2011 - 21:42

bingung mau bikin apa???

spertinya semua genre
hahahaha
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 28
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Mon 31 Oct 2011 - 21:43

oke~ mari kita mulai mengeksplorasi ide Very Happy

sekarang ceritakan apa yang ada di pikiran mbak rani..

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
khairani mukhlis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1250
Points : 1309
Reputation : 32
Join date : 13.10.11
Age : 24
Lokasi : padang

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Mon 31 Oct 2011 - 22:06

dlm pikiran sya
mmm
ttg persahabatan,
trus klimaks cerita msh bingung, buat judul, maunya story about us
klimaks sama ending cerita stuck. bgusny klimaks dan ending di apain??

kemaren nyoba bikin cerita ttg atlit sepeda, eh, malah di awalnya stuck
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 28
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Mon 31 Oct 2011 - 22:07

oke... persahabatan.. ayo eksplor lagi, dikit dikit.

kenapa persahabatan? kenapa gak tema yang lain? apa yang menarik dari persahabatan?

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
khairani mukhlis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1250
Points : 1309
Reputation : 32
Join date : 13.10.11
Age : 24
Lokasi : padang

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Mon 31 Oct 2011 - 22:18

persahabatan bagi rani itu penting
karena,rani udh terbiasa bikin cerita ttg sahabat

pengennya, klimaks dari ceritanya slh satu dari mereka itu mengidap penyakit dan memnyembunyikan dari teman2nya
menurut bg ilham bgus gak klimaksnya sperti itu, klu klimaks nya maslh cowok
udh kebanyakkan
pengennya sesuatu yg jarang di kisahkan oleh kebanyakkan org
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 28
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Mon 31 Oct 2011 - 22:21

nah itu ada kontradiksi.. kamu terbiasa bikin cerita tentang persahabatan.. tapi kali ini kamu pengen bikin yang gak biasa..

coba berimajinasi lagi.. apa yang membuat sebuah persahabatan menjadi tidak biasa?

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
khairani mukhlis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1250
Points : 1309
Reputation : 32
Join date : 13.10.11
Age : 24
Lokasi : padang

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Mon 31 Oct 2011 - 22:33

dlm persahabatan kita butuh percaya satu sama lain
persahabatan itu sebuah keluarga.
terkadang persahabatn menyakitkan

dlu rani pernh bkin cerita masih ttg ppersahabatn
tokoh utama dlm ceritanya cowok.
jadi, si cowok ini, anggaplah namanya deru
deru ini anak nya anti sosial bgt!!!

jadi, dia bertemu dgn cewek, namanya ruri
cewek ini digambarkan periang, easy going, friendly dan keep smile ke semua org
jadi, si ruri ini, pgen merubah sikap nya si deru. biar dia gak anti sama dunia sosial
dgn sgla cara, akhirnya ruri bsa merubah sikap deru yang dulunya anti sosial, cuek, gak suka senyum ke semua org. berubah drastis.
disaat deru merasakan enaknya jadi org yg peduli dgn lingkungan sekitar, dan arti sebuah senyuman. ia mendapat kabar bahwa ruri kecelakaan dgn kondisi yang sangat tragis. ending cerita, ruri meninggal dan menitip pesan agar deru ttp menjadi seorang deru yang sudah berubah dan selalu tersenyum pada semua org
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 28
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Tue 1 Nov 2011 - 0:57

lanjutan interogasi ide yang dilakukan oleh saya dan mbak rani di chat. Smile
interogasi ide ini adalah metode yang saya dapat dari bukunya Orson Scott Card, yang pada intinya menyatakan, ketika ide itu datang, terus beri pertanyaan, jangan dibiarkan lewat begitu saja..

I: ilham R : Rani

(dengan suntingan seperlunya)

R : tes, tes, idup??
I : sip.. helo?
R : haahaha :cheers gimana panggilan kerjanya bang? sukses?
I : belom lah~ baru akhir november, masih santai sebulan lagi
R : ooooo, good luck ya, nyantai sambil bikin sense??
I : iya, udah masuk tahap akhir nih.. hahahaha ayo terusin lagi interogasi idenya.
R : ketersediaan ide habis.
I : yakin deh, abis interogasi ide.. langsung lancar
R : amin dah, mudah-mudahan. abisnya idenya kosong melompong di otak.
I : makanya ayo lanjutin, tadi sampe mana?
R : baca aja postnya. lupa sampe dimana?
I : oh iya, tadi kamu bilang dalam persahabatan seperti keluarga dan kadang menyakitkan
R : yups
I : kenapa sebuah persahabtan bisa sampai menyakitkan?
R : karena, jika org ketiga muncul dlm sebuah persahabatan dan membuatnya menjadi kacau. karena, jika org ketiga muncul dlm sebuah persahabatan dan membuatnya menjadi kacau.
I : hmm, itu percintaan
R : sahabt hampir seperti pacar menurut saya
I : kenapa kalau ada orang ketiga jadi kacau?
R : soalnya, sedikit pengalaman pribadi. rani punya sahabat deket bgt, malahan udah di anggap saudara sendiri, jadi pas wktu rani pertama kali pacaran dan putus untuk pertama kalinya, sang mantan pacar datang dan membuat segalanya rumit. Berawal dekat dengan sahabat rani , untuk balikan lagi. Eh, ternyata mereka jadian secara diam-diam. setelah rani mengetahuinya, rani hanya diam dan gak memberi tanggapan, toh tu cowok bukn pacar saya lagi. mendengr pernyataan rani tuh, teman ni tuh malah sering curhat tentang si cowok itu.
I : oke, coba agak kita otak atik. kita putar balik.
R : maksudnya???
I : tadi ceritanya sebuah persahabatan bisa hancur karena ada pihak ketiga, gimana kalo sekarang ceritanya ada sebuah persahabtan yang nyaris hancur karena gak ada pihak ketiga? keduanya mulai bosan..penat.. jenuh.. gak ada tantangan. mereka berdua tampak sempurna.. tapi hampa. mereka berdua butuh jalan keluar. gimana tuh?
R : bagus, menarik.
I : ato bisa juga.. sebuah cerita yang menceritakan seorang pihak ketiga yang inginmasuk ke sebuah persahabatan. dia iri... dia ingin yang speerti itu. dia ingin masuk, ingin merasakan juga manisnya persahabatan. Very Happy
R : udah dpt gimana awal ceritanya..
I : gimana? coba ceritain, gak usah detail.. garis besar aja, mau kyk gimana
R : mereka bersahabat sudah lama, skitar 7 thn, mereka bertemu saat mereka masuk SMA. klimaksnya, misal : rita merasa risih dgn sikap otoriternya wely.
I : nggak.. itu udah biasa. coba yang lain, yang gak biasa. rita risih karena sikap gak otoriter wely. karena wely gak pernah marah, karena wely terlalu baik. oke, lanjutkan dulu deh.. sori motong. hehehe
R : rita menganggap bahwa sahabat diatas segalanya. wely adalah org yang mampu membuatnya nyaman. karena rita disini, digambarkan cewek pemalu, penurut.
I : lanjut.
R : wely membuat rita mampu beromunikasi dgn baik ke semua org jadi, rita menganggap bhwa wely itu org yg sangat berarti dlm hidupnya.
I : ya.. bagaimana dengan wely?
R : wely, juga merasa nyaman berteman dgn rita. karena rita selalu membuat wely bahagia. wely itu dgambarkan, anak yang ingin di perhatikan, dan rita selalu memberi perhatian dan waktu buat mendengar keluhannya.
I : waw.. mereka benar2 tampak sempurna.. lalu?
R : rita selalu ingin membahagiakan sahabatnya, dibalik itu rita adalah seorang anak piatu dan tidak mempunyai adik. rita selalu memnuhi kehendak wely. hingga saat rita ditegur teman satu kosnya, ia mulai berpikir, selama ini rita selalu memberikan apapun yang terbaik terhadap wely sedangkan wely hanya biasa mengeluh dengan hidupnya sendiri.
I : apa yang rita akan lakukan dengan hal itu?
R : rita mulai kesal, ia menganggap bahwa wely tidak bisa menikmati hidupnya wely memiliki keluarga yg sempurna, sdgkan rita, hanya mempunyai bapak dan tidak memiliki adik
I : ya.. itu bagus, lalu apa yang dia lakukan?
R : semua keluhan wely slalu didengarkan. sebaliknya disaat ayah rita ingin menikah lagi rita tidak menyetujuinya, ia merasa bahwa ayahnya tidak mencintai ibunya. dissaat rita butuh seseorang wely malah selalu mengeluh, tanpa memperdulikan sahabatnya yg sedang mempunyai masalh dgn ayahnya hingga mereka berpisah dan tidak mengenal satu sama lain lagi.
I : itu endingnya?
R : hah, sad ending??
I : ooh, itu konfliknya? saat mereka berpisah tuh mau kamu jadiin konflik apa ending?
R : konflik, gak enak misahin anak org
I : terus, kenapa hanya dengan satu masalah ini mereka memutuskan untuk berpisah? toh mereka udah temenan 7 tahun. ayoo, gali lagi motifnya Very Happy
R : karena si rita sudah mulai bosan dengan keluhan wely, tanpa wely menyadari bahwa seharusnya ritalah yg mengeluh dgn nasibnya sendiri. wely memiliki keluarga yg sempurna
I : kan bisa dibicarakan baik-baik.. kenapa langsung mengambil jalan ekstrim?
R : wely tipe yg keras kepala, cerewet, mau menang sendri, wely tipe org yg tdk suka di kritik. ia menganggao bahwa dia memiliki kesempurnaan.
I : ada kontradiksi
R : apa??
I : jika dia menganggap memiliki kesempurnaan, kenapa dia mengeluh?
R : kesempurnaan yg ia raih masih jauh dgn kesempurnaan yg dimiliki olh org lain. dia menganggap kesempurnaan wely belum sepenuhnya. wely memiliki kelebihn berat 2 kg. dan hal itu yg selalu dipermasalahkan, sempurna butuh pencapaian
I : jadi selama ini dia mengeluh karena kelebihan berat 2 kg?
R : ioio
I : that sick.. wely perfeksionis akut
R : ia, hahaha. nyambung ga yah
I : bentar, biar saya cerna dulu. kayaknya 'motif' rita masih belum cukup kuat. ada yang hilang, kalaupun rita ingin pisah.. tapi bagaimana dengan wely? wely sangat nyaman berada di dekat rita kenapa dia mau aja langsung putus hubungan?
R : wely merasa rita selalu membuatnya tidak nyaman, karena setiap keluhannya selalu ditanggapi sebuah kritkkan dan kritkkan adalah hal yg paling dibenci oleh wely
I : coba kita mundur sedikit.. rita si pemalu yang iri dengan kesempurnaan wely dan wely si sempurna yang sering mengeluh. apa yang mungkin salah dari mereka berdua? jika satu masalah saja bisa merusak hubungan mereka, bagaimana mereka bisa bertahan selama 7 tahun? lupain dulu detailnya.. coba jawab aja pertanyaan dasar itu, "apa yang mungkin salah dari mereka berdua?"
R : pertama, rita yg ingin memiliki sedikit dari kesempurnaan wely. kedua, wely yg tidak pernah merasa puas dengan apa yg ada pada dirinya, kedua hal yang ingin dicapai, tanpa ia sadari bahwa life is never flat
I : oke, ada rasa 'iri' dalam 7 tahun persahabatan mereka
R : yah, iri dgn kesempurnaan yg dimiliki wely
I : ini bisa jadi motif kuat. rasa iri yang menumpuk dan tak pernah terucapkan. terus selama 7 tahun terakumulasi
R : yups
I : dan apa yang bisa membuat rita meledak, mengeluarkan tumpukan rasa itu? sebuah trigger yang membuat dia bisa lepas kontrol
R : teman satu kosnya, yg mulai tidak tahan dgn sikap rita yg mau nurut
I : kurang kuat, tapi bisa jadi awal
R : plus maslh sang ayah yg mau nikah lagi, gimna??
I : masalahnya harus ada di wely, wely melakukan sesuatu yang membuat rita meledak
R : sedangkan wely masih belum peduli, saat wely menyukai seseorang, dan orang yg disukainya menyukai rita. dan rita, tidak sama sekali menyukai seseorang yg disukai wely.
I : oke.. mereka bertengkar.. awalnya masalah wely yang tidak peduli, kemudian pertengkaran meluas.. menajdi dramatis. semua uneg2 yang gak dikeluarkan selama 7 tahun membuncah, semua masalah yang ditimbun demi menjaga kesempurnaan mereka, kemudian karena emosi, mereka putus hubungan.
R : hingga persahabatan tdk bisa diselamatkan
I : bravo
R : gmn???
I : bisa bisa Very Happy
R : maksih
I : masih mau lanjut? apa mau tidur?
R : wah, kalau judulnya "story about us", gak papa lanjut. blum ngantuk.
I : judul belakangan -.-
R : yah :Top
I : oke.. kita maju sedikit dari klimaks. lalu apa yang terjadi?
R : yah, setelah berpisah. mereka tidak mengenal satu sama lain, hingga saat mereka menyadari bahwa persahabatan adalah hal yang terpenting dalam hidup mereka. mereka mulai membutuhkan satu sama lain, tapi ego yang membuat mereka enggan untuk bersama
I : hemm endingnya biasa.. gimana kalo pas klimaks tadi langsung jadi ending?
R : gak masalah, dgantung aja
I : jadi ada pesan moral yang didapat. apa pesan moralnya?
R : huaha, bentar tanya sama bantal dulu
I : pesan moralnya adalah jangan menyembunyikan masalah. sepasang sahabat seharusnya terbuka, jika merasa tidak nyaman.. segera bicarakan. uneg-uneg yang tertumpuk tuh bisa jadi bumerang Very Happy
R : life is never flat, kesempurnaan sebuah persahabatan susah dicari
I : nah.. itu juga
R : ehehehe
I : selama 7 tahun mereka terkesan berusaha mempertahankan kesempurnaan, tanpa menyadari banyak borok di dalamnya.
R : borok??
I : ya.. banyak masalah yang tak terungkapkan. yang disimpan dalam hati masing masing.
R : oooooooo, kirain apa. hahaha. uneg2 adlh penyakit hati hayo, siapa yg punya uneg2, bilang ma shbatnya, biar ga pisah pada suatu harinya.
I : setiap orang pasti punya~ hehehe. btw, izin copy pembicaraan ini ya. buat di reply thread yang kamu tadi, siapa tau membantu yang lain
R : boleh

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Thu 3 Nov 2011 - 23:20

waaaauuuww...
pnjang dan inspiratif, trnyta bg ilham jago brainstorming jg y??? Top
trus ksimpulanny udah ada, ran?
itu kan udah pake komunikasi interpersonal, bisa jg lho pake komunikasi intrapersonal
klo aku sih suka bikin komunikasi dgn diriku sndri...buat ngbangun cerita...
sama aja kyk percakapan antara bg ilham sama rani, tp bedany yg berdialog aku dan diriku...
heheheheh...tolong jgn dianggap gila... :oops:
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 28
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Fri 4 Nov 2011 - 19:26

de_wind wrote:
waaaauuuww...
pnjang dan inspiratif, trnyta bg ilham jago brainstorming jg y??? Top
trus ksimpulanny udah ada, ran?
itu kan udah pake komunikasi interpersonal, bisa jg lho pake komunikasi intrapersonal
klo aku sih suka bikin komunikasi dgn diriku sndri...buat ngbangun cerita...
sama aja kyk percakapan antara bg ilham sama rani, tp bedany yg berdialog aku dan diriku...
heheheheh...tolong jgn dianggap gila... :oops:

benar sekali mbak.. seharusnya memang intrapersonal.. saya cuman memperkalkan metode ini ke mbak rani Malu

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
khairani mukhlis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1250
Points : 1309
Reputation : 32
Join date : 13.10.11
Age : 24
Lokasi : padang

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Fri 4 Nov 2011 - 20:22

udah bikin ceritanya kayak apa? kesimpulannya sih udh dapat

sebernarnya waktu itu pengen nulis, tapi gak ada ide
iseng2 minta sarannya ke abg ato kakak semuanya

masalah ide cerita biasanya, rani sendiri carinya dari lagu2 yg disengar
#curcol dikit
Kembali Ke Atas Go down
i_ang minoyuki
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 529
Points : 571
Reputation : 10
Join date : 26.07.11
Age : 25

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Sat 5 Nov 2011 - 21:24

Top

berasa rita itu saya Nangis
Kembali Ke Atas Go down
http://indriangganaanindita.blogspot.com
khairani mukhlis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1250
Points : 1309
Reputation : 32
Join date : 13.10.11
Age : 24
Lokasi : padang

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Sat 5 Nov 2011 - 22:42

i_ang minoyuki wrote:
Top

berasa rita itu saya Nangis

cup..cup..cup.. atuh teteh
hehe
:cheers: :cheers: :cheers:
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 28
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Sat 5 Nov 2011 - 22:48

i_ang minoyuki wrote:
Top

berasa rita itu saya Nangis

hahahaha.. tampaknya mino baca tuh percakapan Very Happy

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Sat 12 Nov 2011 - 7:09

jd sis rani udh dapet pencerahan???
lgsg posting karyany ya... wow
Kembali Ke Atas Go down
rin_dim
Pendatang Baru
Pendatang Baru
avatar

Jumlah posting : 1
Points : 1
Reputation : 0
Join date : 19.12.11
Age : 25
Lokasi : Madiun

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Mon 19 Dec 2011 - 23:03

bingung mau buat cerita yang bagus banged tapi ga tau idenya..
niatnya sih bikin cerita yang mengharukan ...bisa share cerpen yang bisa ngasih inspirasi ? mencari haru
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Wed 21 Dec 2011 - 16:23

waaah kalo cerpen ada gak ya?
kalo karya yg mengharukan sih...Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer mnurutku akhirnya sangat mengharukan...setiap kali aku inget tuh cerita kayak pngen nangis mulu dan pngen ngebunuh antagonisnya.... marah

tp klo saranku sih, kalo mau jago bikin cerita ya terus2an aja nulis...lama kelamaan bakat sis rin jg bakalan keasah dan lama-kelamaan sis rin pasti makin ngerti kekurangan dan kelebihan dalam nulis...klo dri awal mikir susah, pasti jdiny malah beneran stuck...

it's all on your mind - fear factor Very Happy (kerjaanny ngutip kata2 org Muke Cape)
Kembali Ke Atas Go down
khairani mukhlis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1250
Points : 1309
Reputation : 32
Join date : 13.10.11
Age : 24
Lokasi : padang

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Wed 21 Dec 2011 - 21:34

de_wind wrote:
waaah kalo cerpen ada gak ya?
kalo karya yg mengharukan sih...Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer mnurutku akhirnya sangat mengharukan...setiap kali aku inget tuh cerita kayak pngen nangis mulu dan pngen ngebunuh antagonisnya.... marah

tp klo saranku sih, kalo mau jago bikin cerita ya terus2an aja nulis...lama kelamaan bakat sis rin jg bakalan keasah dan lama-kelamaan sis rin pasti makin ngerti kekurangan dan kelebihan dalam nulis...klo dri awal mikir susah, pasti jdiny malah beneran stuck...

it's all on your mind - fear factor Very Happy (kerjaanny ngutip kata2 org Muke Cape)

setuju, kalau pengen bikin cerita yg bagus, sering2 nulis
hehehe
aku dulu kayak gtu, tapi berusaha dan belajar

aseekkk..!!!
semngat yah
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Sat 31 Dec 2011 - 0:54

iyaaaap bneeeer... Top
Kembali Ke Atas Go down
charly rawita
Pendatang Baru
Pendatang Baru


Jumlah posting : 2
Points : 2
Reputation : 0
Join date : 16.03.12

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Sat 17 Mar 2012 - 0:58

aq mw jg donk dibntuin cri ide cerita..
aq dah prnh cba tp siap beberpa klmat, kalimat brkutny dah gk nymbung lg
gmn dunk? Rolling Eyes
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Wed 21 Mar 2012 - 10:04

hai salam kenal dlu ya, sis charly (bner kan sis? Very Happy )
itu di page pertama kan ada tuh Q&A sputar nyari ide..
gak mesti dtanyain sm org lain, kok...bisa jg sis yg lakuin itu sm diri sis sndri..

biar alur cerita konsisten, mnding sis bikin kerangka dlu
mau bikin apa? cerpen, novel ato apapun, bikin aja kerangkanya.
temany apa, alur mau gmn (biasany maju, tp maju-mundur kan bisa jg Very Happy)
trus dri tema itu bisa dtentuin gmn konfliknya,
klo seandainy mau buat cerpen, jgn kluar dri tema utama itu, tokoh jgn bnyk2
tokoh2 yg gak pnting dan adegan iseng gak usah dkluarin...
nah dri konflik itu pnyelesaiannya bisa kita tentuin, gmn carany dan end, tutup sm prolog

selesai deh cerita kita girang
Kembali Ke Atas Go down
wilfran
Penulis Pemula
Penulis Pemula
avatar

Jumlah posting : 56
Points : 76
Reputation : 0
Join date : 02.10.12
Age : 27
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Sat 27 Oct 2012 - 22:42

khairani mukhlis wrote:
dlm persahabatan kita butuh percaya satu sama lain
persahabatan itu sebuah keluarga.
terkadang persahabatn menyakitkan

dlu rani pernh bkin cerita masih ttg ppersahabatn
tokoh utama dlm ceritanya cowok.
jadi, si cowok ini, anggaplah namanya deru
deru ini anak nya anti sosial bgt!!!

jadi, dia bertemu dgn cewek, namanya ruri
cewek ini digambarkan periang, easy going, friendly dan keep smile ke semua org
jadi, si ruri ini, pgen merubah sikap nya si deru. biar dia gak anti sama dunia sosial
dgn sgla cara, akhirnya ruri bsa merubah sikap deru yang dulunya anti sosial, cuek, gak suka senyum ke semua org. berubah drastis.
disaat deru merasakan enaknya jadi org yg peduli dgn lingkungan sekitar, dan arti sebuah senyuman. ia mendapat kabar bahwa ruri kecelakaan dgn kondisi yang sangat tragis. ending cerita, ruri meninggal dan menitip pesan agar deru ttp menjadi seorang deru yang sudah berubah dan selalu tersenyum pada semua org

ngg, kok sepertinya ide ceritanya mirip dengan "A Walk To Remember" ya?
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   Wed 31 Oct 2012 - 5:00

kayaknya tema cerita yg kayak begitu udah rada umum deh, wil...
ya balik lagi ke pengemasan cerita aja. sklipun tema mirip tp klo pengemasan cerita bisa dikembangin dgn unik, ya jd unik pulalah ceritany...
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: bantu cari ide bagus buat bikin cerita   

Kembali Ke Atas Go down
 
bantu cari ide bagus buat bikin cerita
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» shock kanan ninja dipakai kekiri buat bikin doble disc
» Mono Arm (Pro Arm) set PnP Ninja 250 (tinggal pasang)..bagus..murah..nyesel ga liat
» help...!!! oktan boster apa yah yg bagus buat ningkatin oktan bensin ???
» [ASK] Knalpot Handmade yg bagus buat ninin 250
» Suspensi Ninja 250 (Sangat Keras)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SINDIKAT PENULIS :: Bengkel Menulis :: Cari Ide Tulisan-
Navigasi: