SINDIKAT PENULIS
Silakan login dahulu, biar lebih asyik.
Kalau belum bisa login, silakan daftar dahulu.
Setelah itu, selamat bersenang-senang...


Kami adalah penulis, dan kami tidak butuh persetujuan dari siapa pun!
 
IndeksCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin
"Jika ada buku yang benar-benar ingin kamu baca, tapi buku tersebut belum ditulis, maka kamu yang harus menuliskannya." ~ Toni Morrison

Share | 
 

 Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D

Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10
PengirimMessage
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 537
Points : 591
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 27

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Sun 26 Aug 2012 - 22:17

aku mau tanya...
Mungkinkah anak sekitar 5-6 tahun bisa mengingat secara jelas trauma masa kecilnya apabila dia sudah beranjak dewasa?

Misalnya ada seorang dewasa yang pada waktu usia 5-6 tahun sering dimarahi orangtua. Apa dia bisa mengingat dengan jelas saat-saat ketika dia dimarahi? Bisakah dia ingat kata-kata yang dikeluarkan orang yang memarahinya sewaktu dia masih kecil?
Atau mungkin ingatan itu hanya berbentuk kilasan-kilasan kenangan saja?

Thanks before


Terakhir diubah oleh Blassreiter tanggal Mon 27 Aug 2012 - 7:27, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah
avatar

Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 25
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Mon 27 Aug 2012 - 1:53

Umh...
bukannya kalau itu tergantung sama daya ingat si anak ya?
Kalau daya ingatnya kuat, ya bisa saja ingat dengan jelas.

Kalau pakai contoh Rui sih...
Dalam bentuk potongan, Rui inget beberapa kejadian yang pernah terjadi waktu kecil dalam bentuk adegan dan paling lama adegan sewaktu usia 3 atau 4 tahun, untuk kata-kata Rui ragu karena sampai saat ini Rui memang nggak pinter dalam hal mengingat kata =="

Dan kalau pakai contoh Kakak...
Rui rasa bisa, tapi nggak full semua ke cover kata-katanya, biasanya yang paling tersimpan dalam memori adalah kata-kata yang paling nyelekit dan nusuk ke hati anak itu...

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 26
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Mon 27 Aug 2012 - 8:48

bisa saja sih, aku juga masih inget beberapa potongan kejadian dan beberapa kata yang sering diucapkan ibuku kalau pas marah...
iri
tetapi untungnya gak ngefek sih, soalnya udah gak ampuh kalu sekarang mah....
ngupil

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Tue 28 Aug 2012 - 16:21

Ruise V. Cort wrote:
Aku nggak ngerti oi ._.

gak ngerti ya rui???
y udh geli

Blassreiter wrote:
aku mau tanya...
Mungkinkah anak sekitar 5-6 tahun bisa mengingat secara jelas trauma masa kecilnya apabila dia sudah beranjak dewasa?

Misalnya ada seorang dewasa yang pada waktu usia 5-6 tahun sering dimarahi orangtua. Apa dia bisa mengingat dengan jelas saat-saat ketika dia dimarahi? Bisakah dia ingat kata-kata yang dikeluarkan orang yang memarahinya sewaktu dia masih kecil?
Atau mungkin ingatan itu hanya berbentuk kilasan-kilasan kenangan saja?

Thanks before

yah klo anak umur 5-6 tahun mah ingatanny kan udh kuat.
terutama anak kecil itu ingatannya jauh lebih kuat drpd org dewasa
soalny ingatan anak kecil itu kan bisa dbilang msh "kosong"
blom terlalu penuh sm informasi2 dri luar
mkny klo belajar jg sebaiknya dari kecil klo mau gampang

apalagi klo umur sgtu kan udh ON bgt kan ingatanny...
wong anak bayi aja klo pngalaman hidupnya itu gak enak
itu udh ngefek ke masa dewasanya, tp dlm bntuk pikiran bawah sadar
apalagi klo potongan2 ingatanny jelas...

dan orgtua itu kan teladan
jd yg namany anak kecil psti sdkit-bnyk bakaalan niru kelakuan orgtua
itu juga bisa jadi dlakukan secara gak sadar juga..
jd sekalipun gak inget, sifatny bakalan gak jauh2 bgt bedany

vera astanti wrote:
bisa saja sih, aku juga masih inget beberapa potongan kejadian dan beberapa kata yang sering diucapkan ibuku kalau pas marah...
iri
tetapi untungnya gak ngefek sih, soalnya udah gak ampuh kalu sekarang mah....
ngupil

masa sih??? kdng2 efekny itu ada dalam pikiran bawah sadar kita lho... Wink
Kembali Ke Atas Go down
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 537
Points : 591
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 27

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Tue 28 Aug 2012 - 17:14

terimakasih banyak kakak wind
saatnya melanjutkan novel
------------
oh ya lupa berterimakasih sama vera sama rui
Kembali Ke Atas Go down
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 26
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Wed 29 Aug 2012 - 8:44

@mba wind
fufufu, dulu kalo pas aku nangis, gara-gara dimarahin, ibuku selalu bilang, sana bilang bapak...
soalnya bapakku kan orangnya gak pernah marah...
hihihihihi

tetapi apa sekarang mau laporan bapak -____-
gak efektif deh..

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Fri 31 Aug 2012 - 23:55

gak secara harfiah juga lho
cara kerja pikiran bawah sadar itu kan gak disadari (ya iyalaaaah)
jd gak melulu apa yg dtanemin itu akhirny terbentuk di perilaku sadar
bisa jd dimanifestasi dlm bntuk perilaku2 yg sifatnya : ngigo, latah, dkk

trus klopun ibu vera ngomong gtu terus-menerus
kan pngalaman vera gak itu aja kan cakupannya
psti ada pngalaman2 yg lain yg secara timbal-balik akan mndukung/tdk fakta yg udh dkasih dri ibu vera

mkny klo yg namany diagnosa psikologi itu gak gampang
krena faktor eksternal itu bnyk dan ada dmna2
yg mmpngaruhi perilaku kita, dsadari ato gak
jd perlu tuh yg namany anamnesa dri riwayat masa kecil,
bhkan riwayat ibu-bapak soalnya genetika jg mmpngaruhi kan
trus riwayat pndidikan, kondisi sosial, lingkungan teman sebaya
mkny klo ada terapi psti butuh wktu lama kan?
itu krena mnusia itu kompleks
apapun bisa mmpengaruhi
tp bentukny beda2...

aku yakin klo 10 orang dikasih 10 kondisi berbeda dlm 10 lingkungan yg berbeda
wlopun mereka harus mnyelesaikan masalah/stimulus yg sama...
hasilny bakalan 10 pangkat 3 alias 1000 respon/tindakan
jd gak ada yg "saklek" klo kita bicara soal manusia
sdgkan teori itu bicara soal generalisasi
yg sifatny mgkn 2/3 dri suatu populasi
itupun populasi yg terbatas oleh lingkup ruang dan waktu
cthny penerapan pndidikan barat gak bakalan bisa dterapin sekonyong2ny
krena budayany aja udh beda
nnt yg ada malah disfungsi sosial krna ketidaksiapan msyarakatny
dlm psikologi jg teori2 dri barat itu harus distandarisasi dgn kondisi indonesia

gtu deh kurang-lebih
Kembali Ke Atas Go down
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 26
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Sat 1 Sep 2012 - 17:39

Spoiler:
 


huump hump..
jadi teringat sesuatu...
aku tuh paling gak suka jamu yang keliling itu. Gak tahu kenapa. benci banget.
dan ternyata, waktu ngerumpi ibu-ibu...
ibuku cerita kalo aku dulu tuh pernah minta jamu beras kencur, tetapi gak pernah diminum, dan selalu begitu. sampai pada akhirnya ibuku tuh kesal banget, jadi tuh jamu ditumpahin di kepalaku..

aku udah gak inget sih...
tapi akhirnya aku sadar oh, jadi itu sebabe toh, aku gak suka jamu itu...

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Sun 7 Oct 2012 - 0:01

akhrny bs maen k tritku sndri lg.snengny hehe

Bwt vera yg palany ktumpahan jamu,sabar ya Very Happy yg pasti mnusia itu emg bnyk salahny dan ortu itu mnusia (kyk aku,bnyk salahny.hehe)
Kembali Ke Atas Go down
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 26
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Sun 7 Oct 2012 - 15:27

wkwkwkwkw
kalo aku inget jadi bahan ketawaan mba wind...
bukan sesuatu yang menakutkan, walaupun begitu aku tetep gak suka jamu. Very Happy

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Wed 17 Oct 2012 - 11:41

iya yg lalu kan biarkan saja berlalu...
lagian, jamu jg gak penting2 banget kan?
tinggal hidup sehat aja, makan teratur, tidur teratur, minum air putih yg banyak
jamu udh gak dperlukan lagi dah... Razz
Kembali Ke Atas Go down
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 537
Points : 591
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 27

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Wed 17 Oct 2012 - 13:12

Jamu? aku suka jamu beras kencur rasanya seger gak pait. Razz
Kembali Ke Atas Go down
m0nd0
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1446
Points : 1487
Reputation : 17
Join date : 11.07.12
Age : 29
Lokasi : Jakarta-Bandung

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Wed 17 Oct 2012 - 13:21

Sekarang yang perlu jamu itu software loh.. coba aja lita di forum2 kalo ada link donlod software orang pada nanya tuh, "mas jamunya udah include di dalem atau mesti dicari dulu?"
Kembali Ke Atas Go down
http://mimondo.tumblr.com
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 537
Points : 591
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 27

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Wed 17 Oct 2012 - 13:24

m0nd0 wrote:
Sekarang yang perlu jamu itu software loh.. coba aja lita di forum2 kalo ada link donlod software orang pada nanya tuh, "mas jamunya udah include di dalem atau mesti dicari dulu?"
jamu=crack
crack=retak

Jadi jamu adalah minuman yang bikin retak2
Kembali Ke Atas Go down
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 26
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Wed 17 Oct 2012 - 15:44

@blass
aku sih sukanya kunir asem, seger. Very Happy

kalo jamu yang kamu definisiin, jamu model madul
hahaha

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 26
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Thu 18 Oct 2012 - 10:53

sampah apaan ini semua..


blass, avatarmu itu loh!!
Kembali Ke Atas Go down
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 537
Points : 591
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 27

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Thu 18 Oct 2012 - 12:32

sagitany wrote:
sampah apaan ini semua..


blass, avatarmu itu loh!!
kenapa emang avatarnya?
Kembali Ke Atas Go down
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 26
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Thu 18 Oct 2012 - 17:56

"SATRIA BAJA HITAM...!!!" (hitam..hitamm....) <- efek suara echo
Kembali Ke Atas Go down
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 537
Points : 591
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 27

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Thu 18 Oct 2012 - 18:15

sagitany wrote:
"SATRIA BAJA HITAM...!!!" (hitam..hitamm....) <- efek suara echo
Emang kenapa? aku masih suka ngikutin yang paling baru kok Lidah
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   Mon 22 Oct 2012 - 23:42

dulu aku jg suka nonton, wlopun skrg mah udh males bgt Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D   

Kembali Ke Atas Go down
 
Buat yg mau nulis tentang Psikologi, masuuuukk...!!! :D
Kembali Ke Atas 
Halaman 10 dari 10Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10
 Similar topics
-
» Tentang ide saya ~ mohon saran ~
» Fakta Mengerikan Tentang bumi
» bikin blog hemat energi!
» fakta tentang ayah
» manga/anime apa sih yg memberi kesan mendalam dan berpengaruh buat hidupkamu?

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SINDIKAT PENULIS :: Bengkel Menulis :: Cari Ide Tulisan-
Navigasi: