SINDIKAT PENULIS
Silakan login dahulu, biar lebih asyik.
Kalau belum bisa login, silakan daftar dahulu.
Setelah itu, selamat bersenang-senang...


Kami adalah penulis, dan kami tidak butuh persetujuan dari siapa pun!
 
IndeksCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin
"Jika ada buku yang benar-benar ingin kamu baca, tapi buku tersebut belum ditulis, maka kamu yang harus menuliskannya." ~ Toni Morrison

Share | 
 

 Sumber Ide

Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next
PengirimMessage
Muhammad Haekal_haekalism
Pendatang Baru
Pendatang Baru
avatar

Jumlah posting : 37
Points : 72
Reputation : 0
Join date : 08.11.11
Age : 27
Lokasi : Aceh

PostSubyek: Sumber Ide   Tue 8 Nov 2011 - 22:42

Salam.
saya blm makan malam
marah
ada yang mau traktir?
hehe makan
Oke lah, ini postingan pertama saya, semoga tidak berakhir di tong sampah, hehe
(Pengalaman pribadi)
Sebenarnya tidak ada kata habis untuk ide, ide akan selalu ada, bahkan ketika seseorang tak berniat sama sekali untuk mencari ide.
Kok bisa? ya iyalah! Tuhan memberikan manusia indera, dan karena itu manusia selalu menangkap segala sensasi baik yang nyata maupun sekedar refleksi (duillee, bahasanya joget )
Tapi biar gampang, saya klasifikasikan saja sumber-sumber ide yang ternyata ada dua!
makan

1. Dalam

Penulis seringkali merenung untuk menemukan ide yang tersimpan di dalam otaknya. Ide tersebut bisa jadi berasal dari pengalaman pribadi dan berhubungan dengan kehidupan sang penulis (baik dari segi karakter maupun situasi). IDe dari dalam kadangkala bersifat melintas, mengalir begitu saja dalam pikiran sang penulis, bahkan ketika tidak ada niatan sama sekali untuk mencarinya.

2. Luar

Dunia menawarkan berbagai macam warna dan problema ( licik ). Segala kejadian adalah inspirasi bagi penulis. Ingin menulis cerpen tapi bingung bagaimana ceritanya? buka koran, dan pilihlah salah satu beritanya! gampang kan. tinggal ubah saja latar, tokoh, dan semacamnya. goda
Bila inspirasi tak juga didapat, ajaklah seseorang berbicara, apa saja yang dia bicarakan mungkin bisa jadi inspirasinya atau kalau mau instan, tanya saja ,"eh, ada ide tulisan gak? " hehehe.

akhirnya, kakak-kakak sekalian, inilah sekedar ide dari adikmu yang masih belum baligh, hehe.
semoga bermanfaat!
kritik dan sarannya ya kakak!
nyengir







Kembali Ke Atas Go down
http://kalword.blogspot.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Wed 9 Nov 2011 - 0:59

Top
oke nih info nya...
harusny begini nih, kalo mau ngasi info, tulisan sendiri...klo aku cuma copas dari situs org... Nangis
abis gak ada waktu buat ngrangkum jd artikel sendiri... ngeles.... kabur

tp emg iya ya, klo ide mah selalu ada, tp kadang2 ide suka ngilang klo gak lgsg dituangin ke kertas...pngalaman sehari2 nih...jdny pas udh ddepan kertas malah bingung lg mau nulis apaan...hadeeeehhh... Muke Cape
Kembali Ke Atas Go down
i_ang minoyuki
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 529
Points : 571
Reputation : 10
Join date : 26.07.11
Age : 25

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Wed 9 Nov 2011 - 5:12

Top

makasih masukannya bang hae
Kembali Ke Atas Go down
http://indriangganaanindita.blogspot.com
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah
avatar

Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 25
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Wed 9 Nov 2011 - 9:01

de_wind wrote:
Top
oke nih info nya...
harusny begini nih, kalo mau ngasi info, tulisan sendiri...klo aku cuma copas dari situs org... Nangis
abis gak ada waktu buat ngrangkum jd artikel sendiri... ngeles.... kabur

tp emg iya ya, klo ide mah selalu ada, tp kadang2 ide suka ngilang klo gak lgsg dituangin ke kertas...pngalaman sehari2 nih...jdny pas udh ddepan kertas malah bingung lg mau nulis apaan...hadeeeehhh... Muke Cape

Benar sekali Kakak kucing
Saat sedang di tempat yang mustahil untuk menulis. Ide menari-nari dengan riangnya di dalam pikiran (hasilnya tertawa seperti orang gila)
Tapi saat sudah bisa mencapai tempat yang memungkinkan untuk menulis... ide berlarian pergi meninggalkan otak...

Datang seenaknya pergi nggak pakai jejak kucing

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
tukangtidur
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 831
Points : 988
Reputation : 19
Join date : 30.04.10
Age : 36
Lokasi : Depok

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Wed 9 Nov 2011 - 9:32

Nice share, Haekal.
Mudah-mudahan thread ini bisa memotivasi kita lagi, bahwa ide itu sebenarnya bertebaran di semesta ini. Ada di DALAM dan di LUAR tubuh kita, begitu kata Haekal.

Namun kadang sindrom kebanyakan ide juga bisa mendatangkan masalah. "Aduuuuh, ide saya banyak banget nih, mau nulis yang mana ya." akhirnya nggak jadi nulis.

Sekali lagi, nice share
Top
Kembali Ke Atas Go down
http://zonakosong.tk
khairani mukhlis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1250
Points : 1309
Reputation : 32
Join date : 13.10.11
Age : 24
Lokasi : padang

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Wed 9 Nov 2011 - 9:38

girang girang

eheheh
salam kenal bg haekal
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 28
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Wed 9 Nov 2011 - 10:16

sedikit mengutip kata kata bang Orson tentang sumber ide dari dalam, terutama kenangan..

"Jangan selalu mengandalkan kenangan, kenangan adalah sumur yang dalam, namun sangat cepat habis.."

Malu

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah
avatar

Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 25
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Wed 9 Nov 2011 - 16:41

tukangtidur wrote:

Namun kadang sindrom kebanyakan ide juga bisa mendatangkan masalah. "Aduuuuh, ide saya banyak banget nih, mau nulis yang mana ya." akhirnya nggak jadi nulis.

Top

Ujung-ujungnya malah males nulis kucing

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 28
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Thu 10 Nov 2011 - 7:35

jangan malaaaaasss dapat ide

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah
avatar

Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 25
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Thu 10 Nov 2011 - 12:29

Kan itu kalau ide numpuk dan bingung mau nulis yang mana Kak kucing
kadang efeknya jadi kayak gitu

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Sun 20 Nov 2011 - 12:40

asik dong bnyk ide...tinggal bengong bentar di depan kertas/word yg putih bersih...
gak lama kmudian jg muncul tuh gambaran yg mau ditulis kayak gmn...
biasany sih aku klo maumancing inspirasi ya bener2 stand by di depan laptop, mikirin ide dan mood...mood itu diciptakan, jgn ditunggu girang
Kembali Ke Atas Go down
^Ranger Ungu^
Pendatang Baru
Pendatang Baru
avatar

Jumlah posting : 44
Points : 56
Reputation : 0
Join date : 16.11.11
Age : 28
Lokasi : Makassar city

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Sun 20 Nov 2011 - 16:52

sering saat saya mencoba untk menulis (biasanya novel), saat punya ide saya akan sangat menggebu2 untuk menulis, tapi saat otak udah mentok, dan udah ngak ada ide sama sekali (biasanya ditengah2 penulisan), saya akan memikirkan cerita baru yang akan membuat saya beralih untuk menulis cerita yang baru itu. Dan akhirnya sampai sekarang nggak satu novelpun yang selesai, semuanya berakhir di tengah jalan...
Kembali Ke Atas Go down
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah
avatar

Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 25
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Tue 22 Nov 2011 - 16:51

^Ranger Ungu^ wrote:
sering saat saya mencoba untk menulis (biasanya novel), saat punya ide saya akan sangat menggebu2 untuk menulis, tapi saat otak udah mentok, dan udah ngak ada ide sama sekali (biasanya ditengah2 penulisan), saya akan memikirkan cerita baru yang akan membuat saya beralih untuk menulis cerita yang baru itu. Dan akhirnya sampai sekarang nggak satu novelpun yang selesai, semuanya berakhir di tengah jalan...

Setuju Top
Ini aja ada banyak cerita setengah jadi tik

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Mon 28 Nov 2011 - 1:53

^Ranger Ungu^ wrote:
sering saat saya mencoba untk menulis (biasanya novel), saat punya ide saya akan sangat menggebu2 untuk menulis, tapi saat otak udah mentok, dan udah ngak ada ide sama sekali (biasanya ditengah2 penulisan), saya akan memikirkan cerita baru yang akan membuat saya beralih untuk menulis cerita yang baru itu. Dan akhirnya sampai sekarang nggak satu novelpun yang selesai, semuanya berakhir di tengah jalan...


ini jg masalahku.... Nangis
Kembali Ke Atas Go down
Crazy Frog
Pendatang Baru
Pendatang Baru


Jumlah posting : 3
Points : 5
Reputation : 0
Join date : 28.10.10
Age : 29
Lokasi : Bumi

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Thu 1 Dec 2011 - 8:06

Hmm sering juga sih yang setengah jadi.. tapi ada juga yang suka menyimpang dari jalur.. mau bikin puisi malah jadi cerpen. mau bikin cerpen malah jadi novel puyeng

Kembali Ke Atas Go down
aden
Penulis Pemula
Penulis Pemula
avatar

Jumlah posting : 91
Points : 108
Reputation : 1
Join date : 01.12.11
Age : 27
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Fri 27 Jan 2012 - 20:23

weeelll.... nggak cuma saya aja ternyata yg kadang suka stuck sama karya sendiri (hahahahaaaa). punya teman senasib sepenanggungan...

saran yg pernah saya dapat dari grup FLP sih... kita bisa nulis cerita selingan. Misalnya kita lg nulis novel yg bertema psikopat. Kalo tiba2 kena writer's block, iseng2 kita nulis cerita yg bertima remaja (lope2). jadi bisa merefresh pikiran kita

^^
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Sat 28 Jan 2012 - 1:53

oooo mksdny cerita2 ringan ya sis?
iya itu mah aku bgt, klo lg jenuh lgsg hajar aja bikin cerita picisan
tp ini mlanggar idealisme gak sih? iri
Kembali Ke Atas Go down
aden
Penulis Pemula
Penulis Pemula
avatar

Jumlah posting : 91
Points : 108
Reputation : 1
Join date : 01.12.11
Age : 27
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Mon 30 Jan 2012 - 6:21

Aduh saya jadi sok tau nih... Tapi demi ilmu, saya share deh.

Pertanyaan yg sama pernah jg saya lontarkan buat mbak Ken Terate waktu acara kepenulisan di Sanata Dharma (saya hobi ikutan acara2 bagituan, banyak koleksi sertifikat peserta juga. hahaha....)

Menurut beliau sih, yg namanya penulis itu ada dua, idealis tidak tertawar dan idealis masih bisa ditawar.

:maksudnya?:

idealis tidak tertawar, dia hanya akan menulis cerita2 yg berhubungan dengan jiwa menulisnya aja.

idealis yg masih bisa ditawar, artinya dia bisa menulis selain hal2 yg berhubungan dgn jiwa menulisnya. Biasanya sih penulis tipe seperti ini sukanya mengikuti pasar. Kalo boyband lagi happening banget, dia bisa nulis ttg boyband meskipun biasanya dia hanya menulis ttg psikopat.

gitu ^^ Laughing

tapi susah je, buat menjaga konsistensi. iri

Misalnya kita lagi seru2nya bikin novel ttg pembunuhan berantai, trus karena di tengah jalan ada lomba menarik ttg dunia remaja dan kita memutuskan utk ikutan... kadang suka kehilangan feel pas balik lagi ke novelnya
ngupil
Kembali Ke Atas Go down
khairani mukhlis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1250
Points : 1309
Reputation : 32
Join date : 13.10.11
Age : 24
Lokasi : padang

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Mon 30 Jan 2012 - 17:10

aden wrote:
Aduh saya jadi sok tau nih... Tapi demi ilmu, saya share deh.

Pertanyaan yg sama pernah jg saya lontarkan buat mbak Ken Terate waktu acara kepenulisan di Sanata Dharma (saya hobi ikutan acara2 bagituan, banyak koleksi sertifikat peserta juga. hahaha....)

Menurut beliau sih, yg namanya penulis itu ada dua, idealis tidak tertawar dan idealis masih bisa ditawar.

:maksudnya?:

idealis tidak tertawar, dia hanya akan menulis cerita2 yg berhubungan dengan jiwa menulisnya aja.

idealis yg masih bisa ditawar, artinya dia bisa menulis selain hal2 yg berhubungan dgn jiwa menulisnya. Biasanya sih penulis tipe seperti ini sukanya mengikuti pasar. Kalo boyband lagi happening banget, dia bisa nulis ttg boyband meskipun biasanya dia hanya menulis ttg psikopat.

gitu ^^ Laughing

tapi susah je, buat menjaga konsistensi. iri

Misalnya kita lagi seru2nya bikin novel ttg pembunuhan berantai, trus karena di tengah jalan ada lomba menarik ttg dunia remaja dan kita memutuskan utk ikutan... kadang suka kehilangan feel pas balik lagi ke novelnya
ngupil

nambah ilmu

study study
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Mon 30 Jan 2012 - 22:02

hmm....iya...
tp klo bwt dpasarin sih aku tetep lebih milih tulisan yg brhubungan sama idealisme ku...
soalny klo kita nyebarin sstu ke khalayak luas skecil apapun kita pny tgg jawab sm mreka itu...klo jdiny cm nyebarin karya yg penuh dgn pembodohan kan brarti kita mrugikan pembaca kita dong...
bener gak? Wink

lebih sok tau lg huehehehe...
Kembali Ke Atas Go down
lika
Penulis Muda
Penulis Muda
avatar

Jumlah posting : 203
Points : 217
Reputation : 4
Join date : 16.02.12

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Sat 18 Feb 2012 - 15:49

banyak yg sama permasalahan ada ide tapi tp bingung untuk mengeluarkan, tp kdng blas gk da ide skali... marah
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Mon 20 Feb 2012 - 4:41

klo gak ada ide, lgsg baca2 buku, psti tiba2 muncul lg inspirasiny,...
ato gak nonton TV ato gak jalan2...cobain aja atu2 smpe ada ide... Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
lika
Penulis Muda
Penulis Muda
avatar

Jumlah posting : 203
Points : 217
Reputation : 4
Join date : 16.02.12

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Wed 22 Feb 2012 - 10:18

Kalau sudah ada ide (gambaran ceritanya begini, begitu) tapi sulit untuk memulai kata-katanya... permasalahan yang nggak ada habis-habisnya, kayak berputar-putar tidak ada ujungnya marah
Kembali Ke Atas Go down
kimchiriuza
Penulis Berbakat
Penulis Berbakat
avatar

Jumlah posting : 392
Points : 507
Reputation : 1
Join date : 21.12.11
Age : 25
Lokasi : Dimensi ke-7

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Wed 22 Feb 2012 - 14:41

Kalo kehabisan ide dan ga tau mau nulis apa lagi biasanya saya dengerin musik instrumen yang slow dan rada-rada klasik, alhamdulillah kadang-kadang bisa munculin ide dengan sendirinya,. ^^
siul siul
Kembali Ke Atas Go down
pantsman
Penulis Pemula
Penulis Pemula
avatar

Jumlah posting : 72
Points : 84
Reputation : 0
Join date : 08.12.11
Lokasi : Jawa Tengah

PostSubyek: Re: Sumber Ide   Wed 29 Feb 2012 - 13:59

Kimmie_kei wrote:
Kalo kehabisan ide dan ga tau mau nulis apa lagi biasanya saya dengerin musik instrumen yang slow dan rada-rada klasik, alhamdulillah kadang-kadang bisa munculin ide dengan sendirinya,. ^^
siul siul

Wah sebaliknya ane mah kadang malah pasang lagu yang 'heboh' trus joget kesana kemari di kamar Laughing

Menurut ane memang ide itu nggak gampang dapetnya. Sekalinya dapet cuma sepotong-sepotong, mau diperdalam malah kebingungan. Muke Cape
Kembali Ke Atas Go down
http://sudutalamsemesta.blogspot.com/
Sponsored content




PostSubyek: Re: Sumber Ide   

Kembali Ke Atas Go down
 
Sumber Ide
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 9Pilih halaman : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next
 Similar topics
-
» sumber inspirasi modifikasi decal or cutting ninja 250 R
» WTA : mesin bunyi tik-tik-tik

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SINDIKAT PENULIS :: Bengkel Menulis :: Cari Ide Tulisan-
Navigasi: