SINDIKAT PENULIS
Silakan login dahulu, biar lebih asyik.
Kalau belum bisa login, silakan daftar dahulu.
Setelah itu, selamat bersenang-senang...


Kami adalah penulis, dan kami tidak butuh persetujuan dari siapa pun!
 
IndeksCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin
"Jika ada buku yang benar-benar ingin kamu baca, tapi buku tersebut belum ditulis, maka kamu yang harus menuliskannya." ~ Toni Morrison

Share | 
 

 Berserah diri padaNya

Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
Domba
Penulis Berbakat
Penulis Berbakat
avatar

Jumlah posting : 397
Points : 414
Reputation : 3
Join date : 31.05.12

PostSubyek: Berserah diri padaNya   Tue 21 Aug 2012 - 10:14

Menarik nafas perlahan lahan, menghembuskan nafas perlahan – lahan. Seorang anak kecil melakukannya berkali-kali di tengah hutan, bersyukur atas setiap nafas yang masih dapat ditariknya.

Matanya mengerjap beberapa kali melihat cahaya mentari yang bersinar melewati cela-cela dedaunan dan tubuhnya sedikit mengigil oleh dinginnya embun di sekeliling hutan. Anak kecil itu menghembuskan nafas dari mulutnya dan melihat uap putih menyebar ke tengah udara yang segera melebur hilang dengan udara sekelilingnya.
“Seperti itu jugalah engkau seharusnya melebur kembali dengan Penciptamu,” kata sebuah pohon besar yang tua di hadapannya.

“Siapakah Pencipta itu?” tanya anak kecil itu dengan mata penuh keingintahuan.

“Pemilik dari tangan yang menciptakan dirimu, diriku dan semua yang dapat engkau lihat maupun tidak,”kata pohon itu menggerakkan cabang-cabang ranting dan dedaunannya yang menghasilkan suara gemerisik serta menjatuhkan beberapa lembar daunnya ke atas tubuh anak kecil.

Anak kecil itu terdiam memegang selembar daun tua di tangannya, “Aku tidak mengerti,” kata anak itu dan menatap pohon besar, “Ajari aku cara kembali kepadaNya?”

Pohon besar itu tertawa, “Aku tidak bisa mengajarimu cara kembali kepadaNya karena itu bukanlah tugasku. Aku bukanlah seorang Guru atau utusan dariNya, aku adalah pohon dan tugasku adalah menjadi pohon, tapi aku bisa mengatakan padamu, Allah senantiasa selalu mengajarimu dari apa yang kamu lihat dan rasakan melalui hatimu.”
“Berbaik hatilah untuk menceritakan padaku, karena aku bodoh dan apa yang kulihat tidak mengajariku,” sahut anak kecil itu.

“Pertama sadarilah bahwa Allah itu Maha Pengasih dan Penyayang, lihatlah sekelilingmu dan sesungguhnya tidak ada manusia atau seekor binatang pun yang tidak dijaga olehNya dan tidak dicukupi olehnya.”

“Tapi aku melihat kemiskinan dan kelaparan,” bantah Anak kecil itu.

“Ya,” kata Pohon tua, “Karena keserakahan, ketamakan, kebodohan dan mementingkan diri sendiri sudah menguasai sebagian makhluk dan membuat mereka merebut hak-hak dari pada milik yang lain ataupun mengunakan apa diberikan Allah pada mereka untuk kesia-siaan. Maka dari itu jauhkanlah sifat tamak, serakah, bodoh dan sifat mementingkan diri dari hati dan dirimu. Sesungguhnya Allah membagi kasihNya pada semua Makhluk adil adanya, oleh karenanya apapun yang didapat dengan cara yang tidak halal dan dikumpulkan atas dasar keserakahan akan menghilang dengan sendirinya dan juga apa yang sudah diberikan Allah pada masing-masing Makhluk dan dipergunakan dengan seenak perut mereka sendiri akan menerima ganjalannya akan kehilangan.”

Anak kecil itu mengangguk.

“Kedua, ketahuilah Allah dan hanya Dialah yang mengatur segala sesuatu di muka bumi ini, apa yang menjadi milikmu dan apa yang tidak menjadi milikmu semuanya bukan karena dirimu tapi hanya semata karena DiriNya, maka jauhkanlah kesombongan dari hati dan dirimu meski telah engkau miliki banyak harta dan ilmu, juga janganlah bersedih saat engkau tidak memiliki apapun juga. Karena sesungguhnya dalam kehidupan ini memiliki Allah di dalam hatimu adalah kekayaan terutama.”

“Aku mengerti,” kata Anak kecil itu, “Karena Dia adalah Allah Yang Maha Pengasih dan aku percaya Rahmatnya akan selalu bersamaku makhluk kecil ciptaanNya.”

Pohon besar itu mengerakkan dedaunannya sejenak dan seluruh tempat menjadi hening, “Ketiga, ingatlah ada Pencipta dari semua yang kamu lihat, ada tangan yang mengatur dari setiap rejeki, jodoh, kehidupan dan kematian. Janganlah kamu terombang-ambing diantaranya, jauhkanlah kemarahan, kebencian, dan semua emosi buruk dari hatimu dan biarkanlah dirimu hanya berserah padaNya. Tiada Tuhan selain Allah. Janganlah membanggakan dirimu karena saat itu kamu telah menuhankan dirimu, janganlah tamak akan harta dan kekayaan, karena saat itu kamu telah menuhankan kekayaan, janganlah takut dan tunduk pada manusia hingga membelokkan kebenaran hatimu dan kebenaranNya karena saat itu engkau sudah menuhankan manusia.”

Anak kecil itu berdiri dan menatap langit, “Tiada Tuhan selain Allah dan hanya kepada Dialah aku berserah diri.”
Dan perlahan-lahan tubuh anak kecil itu melebur dalam Rahmat dan Kasihnya.

Islam sesungguhnya selalu berarti Kepasrahan atau Berserah diri padaNya, menjadi Muslim berarti bersedia menerima Ketetapan Allah dengan kerendahan hati tanpa dipengaruhi oleh emosi buruk dari dalam hati dan senantiasa menjaga kebersihan dan kesucian tubuh, jiwa dan hati .


Tulisan Domba bukan saduran, isi boleh dibagikan dan disebarkan. ^_^

Mohon maaf lahir dan batin buat semuanya. gemes


Kembali Ke Atas Go down
Auryn
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 186
Points : 205
Reputation : 1
Join date : 17.05.12

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Tue 21 Aug 2012 - 11:44

Becanda kakak gitu aja marah
Kembali Ke Atas Go down
Auryn
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 186
Points : 205
Reputation : 1
Join date : 17.05.12

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Tue 21 Aug 2012 - 15:21

Kakak ayok jabat tangan dulu hope

K
Kembali Ke Atas Go down
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 26
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Tue 21 Aug 2012 - 15:46

kak, auryn nya ketar ketir tuh~
asli ryn, ngapain sih kak aksara marah gara2 itu aja?
Kembali Ke Atas Go down
Auryn
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 186
Points : 205
Reputation : 1
Join date : 17.05.12

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Tue 21 Aug 2012 - 15:49

Abis jahat gitu sekarang
Sebel
Kembali Ke Atas Go down
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 26
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Tue 21 Aug 2012 - 15:51

bentar ya kita panggil orangnya~
Kembali Ke Atas Go down
Domba
Penulis Berbakat
Penulis Berbakat
avatar

Jumlah posting : 397
Points : 414
Reputation : 3
Join date : 31.05.12

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Tue 21 Aug 2012 - 20:02

makan Bentar lagi makan. . . hm.. siapa sih yang marah-marah... kan niatnya lagi minta maaf lahir dan batin...

Kalau Dik Auryn mau dimaafin mudah aja.... senggol

just love me love

Auryn sayang... missing you so much shy
Kembali Ke Atas Go down
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 26
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Tue 21 Aug 2012 - 20:04

tuh ryn~
Kembali Ke Atas Go down
Auryn
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 186
Points : 205
Reputation : 1
Join date : 17.05.12

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Tue 21 Aug 2012 - 20:11

kabur kabuuur
Bis kakak serem
Jangan gitu lagi g suka
Kembali Ke Atas Go down
Domba
Penulis Berbakat
Penulis Berbakat
avatar

Jumlah posting : 397
Points : 414
Reputation : 3
Join date : 31.05.12

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Tue 21 Aug 2012 - 20:16

Auryn. . . minta no hape sayang grrr
Kembali Ke Atas Go down
Auryn
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 186
Points : 205
Reputation : 1
Join date : 17.05.12

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Tue 21 Aug 2012 - 20:23

Kakak komenin cerpenku napaK
Kembali Ke Atas Go down
Auryn
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 186
Points : 205
Reputation : 1
Join date : 17.05.12

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Tue 21 Aug 2012 - 23:04

weee kakak jangan pergi dulu
komenin dulu
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Wed 22 Aug 2012 - 7:43

@ auryn : serem itu artiny...apa ya??? Laughing
klo dia udh ngomong macam bgtuan mah ya dngerin (baca) aja


btw, mohon maaf lahir-batin jg...
ini kykny perlu nih bwt org yg suka ngejek dan ngina ni org Laughing
bisa aja ya dbuat cerpen sm dia, keren deh aksara... jempol
Kembali Ke Atas Go down
m0nd0
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1446
Points : 1487
Reputation : 17
Join date : 11.07.12
Age : 29
Lokasi : Jakarta-Bandung

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Wed 22 Aug 2012 - 12:18

Kelitannya aku ketinggalan sebuah gossip disini...
Kembali Ke Atas Go down
http://mimondo.tumblr.com
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 26
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Wed 22 Aug 2012 - 12:20

kalo masalah auryn dikejar2 itu udah dari dulu loh, mas~
Kembali Ke Atas Go down
m0nd0
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1446
Points : 1487
Reputation : 17
Join date : 11.07.12
Age : 29
Lokasi : Jakarta-Bandung

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Wed 22 Aug 2012 - 12:33

itu sih aku udah tau, tapi kenapa Auryn bilang jangan marah itu lho...
Kembali Ke Atas Go down
http://mimondo.tumblr.com
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 26
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Wed 22 Aug 2012 - 12:41

ooh,
ada kak aksara masukin puisi ntah di cerpen auryn yg mana,
trus auryn nanya, "disadur dari mana tuh kak?"
nah gitu deh..
hahahaa..
Kembali Ke Atas Go down
m0nd0
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1446
Points : 1487
Reputation : 17
Join date : 11.07.12
Age : 29
Lokasi : Jakarta-Bandung

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Wed 22 Aug 2012 - 12:43

geli ooh
Kembali Ke Atas Go down
http://mimondo.tumblr.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Wed 22 Aug 2012 - 23:30

jiaaaaaahhh cape deh...
klo soal gosip kan di SP tersebar gosip dmna2 gara org ini
jd gak usah heran lah...
emg aku doang nih yg gak pernah bikin sensasi geli
Kembali Ke Atas Go down
Auryn
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 186
Points : 205
Reputation : 1
Join date : 17.05.12

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Thu 23 Aug 2012 - 16:58

Apppaaaa
Nggak salah tu kak wind?
ngantuk
Kembali Ke Atas Go down
m0nd0
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1446
Points : 1487
Reputation : 17
Join date : 11.07.12
Age : 29
Lokasi : Jakarta-Bandung

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Thu 23 Aug 2012 - 20:09

Enggak salah ryn, WInd itu penyebar sensasi tapi gak pernah bikin sendiri tongue
Ibarat acara gossip di TV
Kembali Ke Atas Go down
http://mimondo.tumblr.com
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 26
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Thu 23 Aug 2012 - 23:24

biasa ryn,
yg jadi sorotan kan artisnya bukan pembuat acaranya..
Wink Wink Wink
Kembali Ke Atas Go down
Auryn
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 186
Points : 205
Reputation : 1
Join date : 17.05.12

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Fri 24 Aug 2012 - 17:22

Gemana kalo qta gosipin aja kak wind nya?
melet
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Fri 24 Aug 2012 - 19:16

gosipin apaan? gpp aku simak dengan seksama deh... geli
Kembali Ke Atas Go down
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 26
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   Sun 26 Aug 2012 - 1:08

males, kak wind kurang menjual gossipnya,
paling juga ada arisan ibu2 rumah tangga yg diceritain~
lol!
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Berserah diri padaNya   

Kembali Ke Atas Go down
 
Berserah diri padaNya
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» memperkenalkan diri
» Wajib memperkenalkan diri kah?
» Ada Yang Pernah ikut Olahraga Bela Diri?
» Puisi Introspeksi diri
» martial art

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SINDIKAT PENULIS :: Arena Diskusi :: Cerpen-
Navigasi: