SINDIKAT PENULIS
Silakan login dahulu, biar lebih asyik.
Kalau belum bisa login, silakan daftar dahulu.
Setelah itu, selamat bersenang-senang...


Kami adalah penulis, dan kami tidak butuh persetujuan dari siapa pun!
 
IndeksCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin
"Jika ada buku yang benar-benar ingin kamu baca, tapi buku tersebut belum ditulis, maka kamu yang harus menuliskannya." ~ Toni Morrison

Share | 
 

  Melihat Kamen Rider dari Sudut Pandang Lain

Go down 
PengirimMessage
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 537
Points : 591
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 27

PostSubyek: Melihat Kamen Rider dari Sudut Pandang Lain   Tue 30 Oct 2012 - 18:02

Disini aku nggak punya maksud tertentu cuma pingin nulis pandanganku aja. Yah, buat apa jadi anggota sindikat penulis kalau tidak menulis? (soalnya pengen nulis tapi kehabisan ide :p)

Dan aku nggak tahu naruh tulisan ini dimana, tapi atas saran temenku, tulisan ini dimasukin ke bagian esai aja.

---------------------------

Perang Antar Rider yang Penuh Cerita.


Pahlawan dengan baju besi sang pembela kebenaran, membasmi musuh-musuh jahat, melindungi umat manusia. Hmmm... emang buat “anak-anak banget” kan? Tapi coba baca tulisan mengenai kamen rider ryuki ini. (awas spoiler)

Bercerita mengenai perang hidup mati antar rider demi satu tujuan. Ya, yang paling akhir bertahan satu keinginannya akan dikabulkan. Ada. yang ingin penyakitnya sembuh, ingin kekasihnya bangun dari koma, ada yang ingin balas dendam, ada yang ingin menjadi kaya, bahkan ada yang cuma main-main.

Disinilah dikenal salah satu penjahat favorit para penggemar. Asakura (kamen rider ouja) mengikuti perang rider hanya untuk memenuhi rasa hausnya akan membunuh orang. Apabila dia memenangkan perang rider ini, permintannya adalah untuk memulai lagi perang antar rider supaya kesenangan dalam membunuh orang terus berlanjut. Bahkan dia rela membunuh adeknya sendiri yang udah lama kepisah, dan ternyata dulu dia itu ngebakar rumahnya sendiri dan membiarkan kedua orangtuanya mati terbakar di sana. Dan dia melakukannya demi satu hal: kesenangan. (layaknya joker di film dark knight, benar-benar sakit)


Takeshi Asakura


Singkat cerita, terkuaklah tujuan utama dari perang rider itu. Sebenarnya para rider adalah ‘tumbal’ bagi kebangkitan adik dari penyelenggera perang rider ini (shiro-kamen rider odin). Saking cintanya pada adiknya yang bernama yui, dia membuat ‘bayangan hidup’ sang adik. ‘Bayangan hidup’ itu hidup layaknya orang normal, namun akan lenyap ketika berusia 17 tahun. Maka dari itu shiro mengadakan perang rider dan sekaligus ikut di dalamnya supaya bayangan Yui itu menjadi nyata.

Di akhir kisah, diceritakan kalau pemenang perang rider ini adalah Ren (kamen rider knight), dan dia bukanlah tokoh utama. Karena tokoh utama (Shinji-kamen rider ryuki) sudah mati sebelum episode terakhir. (Ya, pemeran utama kegemaran anak-anak mati sebelum klimaks).

Ren berhasil membangunkan kekasihnya dari koma. Namun pada akhirnya Ren juga mati karena cedera yang di deritanya.

Semua rider mati.

Tapi, di ending credit episode terakhir terlihat kalau para rider hidup kembali. Mereka tidak ingat kalau mereka pernah menjadi rider. Namun Yui tidak ada, karena dia sudah mati bertahun-tahun yang lalu. Disinilah yang menarik, ada yang menganggap itu cuma cerita “andai saja” tidak ada perang rider, sebenarnya semua rider sudah mati. Tapi kebanyakan menganggap bahwa dunia telah direset oleh shiro sebelum ada perang rider, tentu saja tanpa bayangan yui di dalamnya. Hal ini diperkuat dengan pertemuan shinji dan rei di depan cafe tempat yui tinggal. Mereka terlihat saling mengenal satu sama lain, tetapi keduanya bingung, karena merasa tidak pernah bertemu.

Ada juga ending alternatif, berupa film bioskop berjudul kamen rider ryuki: episode final. Dimana Yui mengetahu rencana kakanya dan bunuh diri sebelum usia 17 tahun. (Bahkan di versi extended diperlihatkan adegan darah yui yang menetes-netes dari urat nadinya yang telah terpotong). Sedangkan yang terakhir bertahan adalah Shinji dan Ren.

Menurut saya cerita dalam kamen rider ini sama sekali bukan untuk anak kecil. Bukan hanya mengenai kamen rider membasi kejahatan. Walaupun desain ridernya warna-warni, ditambah dengan kartu dan gadget yang “anak- anak banget”. Tapi anak kecil tidak akan memahami inti cerita dalam serial ini. Yang mereka tahu hanyalah rider pujaan mereka mengalahkan monster dan rider lain dengan jurus-jurusnya. Disini saya melihat kalau sang pencipta kamen rider ryuki berusaha merangkul penonton yang lebih dewasa


Hideyuki Kagawa


Sang pencipta kamen rider ini juga memasukkan unsur-unsur yang jarang bisa ditemui dalam serial-serial sejenis. Contohnya mengenai unsur “kepahlawanan” yang agak berbeda dari serial superhero untuk anak-anak. Dapat dilihat dalam cerita Satoru (kamen rider Tiger) yang mendapat doktrin dari gurunya (Hideyuki-kamen rider alternative) bahwa demi menolong orang lain kita harus mengesampingkan semua milik kita, bahkan mengorbankan orang-orang tercinta adalah hal yang wajar demi menapaki jalan kepahlawanan. Hal ini ditafsirkan salah oleh satoru, dia membunuh orang yang paling berharga untuk dirinya, yaitu gurunya sendiri. Dan hanya dengan hal itu, dia merasa sudah menjadi pahlawan. Namun kamen rider Zolda (Shuichi kitaoka) mengatakan pada satoru bahwa “Seseorang telah gagal menjadi pahlawan apabila dia menganggap dirinya adalah pahlawan.” Mendengar hal itu, satoru mulai mempertanyakan arti ‘kepahlawanan’ yang sebenarnya.

Dan ketika dia tengah berjalan sambil terus bertanya-tanya dalam hati. Dia melihat sepasang ayah-anak sedang menyeberang, hal ini mengingatkan satoru pada gurunya yang juga memiliki anak. Tiba-tiba datanglah truk yang tak terkendali, hendak menabrak ayah dan anak itu. Seketika satoru mendorong kedunya, menyelamatkan mereka dari kecelakaan. Membuat satorulah yang tertabrak dan mati. Ironisnya di hari berikutnya namanya terpampang di judul berita sebuah koran, dianggap sebagai pahlawan yang sebenarnya.


Satoru Tojo

Sebenarnya masih banyak sekali hal-hal yang menarik yang bisa kita dapatkan dari kamen rider ryuki. Tapi tidak mungkin rasanya untuk menuliskannya satu-satu. Jadi, apabila tertarik, tontonlah serial ini. (bukan promosi loh)





Terakhir diubah oleh Blassreiter tanggal Tue 30 Oct 2012 - 18:56, total 3 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 537
Points : 591
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 27

PostSubyek: Re: Melihat Kamen Rider dari Sudut Pandang Lain   Tue 30 Oct 2012 - 18:22

Ini tulisan ngawurku kabur
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 33
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Melihat Kamen Rider dari Sudut Pandang Lain   Tue 30 Oct 2012 - 21:22

aaaahhhh gak ngerti, ini ringkasan dari cerita kamen rider ato cerita khayalan km soal kamen rider, blass??
eh kali ini gak salah nama kan y? Razz
Kembali Ke Atas Go down
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 537
Points : 591
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 27

PostSubyek: Re: Melihat Kamen Rider dari Sudut Pandang Lain   Tue 30 Oct 2012 - 21:35

de_wind wrote:
aaaahhhh gak ngerti, ini ringkasan dari cerita kamen rider ato cerita khayalan km soal kamen rider, blass??
eh kali ini gak salah nama kan y? Razz
Ini bukan cuma ringkasan (yah nggak bisa disebut fakta sih), ini juga berisi opini dan analisisku

Intinya kamen rider ryuki itu ceritanya lebih diperuntukan untuk orang dewasa, karena terkesan kelam, dan bukan cuma mengenai yang baik melawan yang jahat. Walaupun wujud kamen ridernya yang warna-warni emang untuk anak-anak banget.

Kalau ada bagian yang bingung coba tanya aja

pokonya melihat kamen rider dari kacamata yang agak berbeda hope
Kembali Ke Atas Go down
m0nd0
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1446
Points : 1487
Reputation : 17
Join date : 11.07.12
Age : 29
Lokasi : Jakarta-Bandung

PostSubyek: Re: Melihat Kamen Rider dari Sudut Pandang Lain   Tue 30 Oct 2012 - 22:42

hal kaya gini sering terjadi sama penduduk kampusku dulu.... (bahkan aku pernah nguping pembicaraan film the avengers yang dikupas dari segi kubu2 politik dunia).
Sebagian besar film2 emang punya berbagai muatan lain yang tersirat dan bisa dikupas dari berbagai sudut pandang.

Kalau masalah kamen rider, aku biasanya ngeliat kamen rider dari segi trend warna dan desain dari tahun ke tahun. Contoh paling kentara itu kamen rider Decade yang bentuk desain dan pemilihan warna bright magentanya yang emang melambangkan 2010 banget.

Masalah Ryuki aku gak ngikutin sampe tamat sih, cuma sampe ep 18 kalo gak salah. kalo kamen rider baru yang aku paling suka itu Faiz sama Kabuto. Dalam dua kamen rider itu kentel banget isu kaum minoritas vs mayoritas. Bagaimana perpecahan antara dua kubu yang berbeda, dan berbagai intrik yang mengikuti. Dikasi liat juga kalo kadang manusia bisa jadi mahluk yang lebih serem dari monster, manusia dan monster jadi sama kalau udah memiliki sudut pandang sempit akan komunitas lawannya, dan bagaimana orang-orang yang sudah berbuat salah bisa 'tobat' dan justru berjuang dijalan yang benar dengan lebih heroik dari sekedar individu berpikiran sempit.

Intinya berbagai hal meskipun pada mulanya terlihat remeh apabila dipandang dengan kacamata jernih, dengan pikiran terbuka, dan kritis niscaya kita dapat mengambil banyak pelajaran didalamnya.
Kembali Ke Atas Go down
http://mimondo.tumblr.com
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 537
Points : 591
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 27

PostSubyek: Re: Melihat Kamen Rider dari Sudut Pandang Lain   Wed 31 Oct 2012 - 6:11

Kalau masalah mayoritas sama minoritas juga bisa ditemui di Kiva loh bang

Dulu aku juga nntn kamen rider cm sekedar nonton
Berawal dari decade yg bisa berubah2 mjd rider terdahulu
Disanalah aku mulai masuk ke subforumnya di kaskus dan idws
Dan ternyata pembahasan mereka bukan hanya sekedar jurus-jurus maupun senjata yang digunakan
Mereka lebih dalam soal menggali apa yang ada, pesan dan nilai-nilainya
Akhirnya aku ketagihan sampe skrang deh Razz

Kalau favoritku ya ryuki ini, konfliknya banyak banget
Ada yang mencari kekayaan, dan ketika mendapatkannya, dia malah mati. Dan kekayaanya itu nggak dibawa mati
Ada yang naif, ingin menghentikan rider war tapi dia sendiri tidak tahu caranya
Ada yang psikopat murni
Ada potret kalau manusia itu bisa menghalalkan segala cara demi apa yang diinginkan, bahkan sampe membunuh orang
dsb...
Kembali Ke Atas Go down
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 26
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: Melihat Kamen Rider dari Sudut Pandang Lain   Wed 31 Oct 2012 - 16:03

aku ngikuti si kimen rider ini. walaupun bisa diblang loncat-loncat nontonnya. abisnya adikku juga nonton. huump betul yang kamu bilang blass...
pertanyaan akan adanya kimen rider ini untuk apa?
si yui juga mencari alasan kenapa kakaknya membuat pertarungan antar kimen rider ini.
dan malah shinji yang mati, jadi aneh deh kalau untuk anak-anak. kaget juga sih aku waktu tahu ternyata si Ren yang bertahan.

dan ternyata oh ternyata kecintaan kakak yui yang berlebihan ya...
yang ingin adiknya untuk tetap hidup.

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Melihat Kamen Rider dari Sudut Pandang Lain   

Kembali Ke Atas Go down
 
Melihat Kamen Rider dari Sudut Pandang Lain
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Desain Ninja 250 Vs CBR 250 Dari Sudut Pandang Wanita
» IXALION (Ninja 250R)
» Gimana Reaksi Agan2 Terhadap Rider Motor yang Pamer di Depan Ninja Agan2 ?
» Jangan sebut anda Rider sejati atau Hobi motor kalo tidak punya produk ini...
» 10 cara melihat hantu!!!!

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SINDIKAT PENULIS :: Arena Diskusi :: Esai dan Artikel-
Navigasi: